nusabali

Rochineng Kaget Masuk Bursa Calon Bupati Buleleng

  • www.nusabali.com-rochineng-kaget-masuk-bursa-calon-bupati-buleleng

SINGARAJA, NusaBali
Menjelang akhir masa jabatan Putu Agus Suradnyana, bursa kandidat Bupati Buleleng mulai menyeruak ke permukaan. Seperti biasa, netizen pun mulai gaduh, memunculkan nama-nama yag dianggap layak memimpin Buleleng periode 2024-2029.

Aplikasi  pollingkita.com misalnya, menjadi adu jago para kandidat. Sebanyak 19 nama tokoh muncul sebagai  bakal calon Bupati Buleleng sejak Selasa (29/3) malam. Mulai dari Wakil Bupati Buleleng saat ini, I Nyoman Sutjidra, hingga aktivis sosial menyeruak dalam bursa.

Dari pantauan sementara pollingkita.com pada Minggu (3/4) pukul 16.26 Wita dengan jumlah 8.019 voter, nama Ketut Rochineng masih unggul di bursa dengan raihan persentase 17,1% atau 1.368 suara.  Politisi yang akrab disapa Rocky.N ini dibayangi oleh Ketut Ngurah Arya (14,9% atau 1.190 suara) yang berselisih sedikit dengan jawara ketiga, diduduki Gede Supriatna (11,27% atau 903 vote/suara).

Diketahui Rochineng sebelumnya menjabat sebagai birokrat di Pemprov Bali, saat ini terpilih menjadi anggota DPRD Bali dari Fraksi PDIP Dapil Kabupaten Buleleng. Sementara itu, Ngurah Arya menduduki jabatan sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Buleleng dan rekannya Gede Supriatna menjabat Ketua DPRD Buleleng. Nama lain yang juga muncul, yakni I Ketut Sukawati Lanang Perbawa (9,5% atau 762 suara), Ni Kadek Turkini (9,0% atau 719 suara), dan Kadek Dodi Riana (6,3% atau 506 suara). Sementara itu Nyoman Sutjitdra baru meraih 3,2% atau 259 suara. Anggota DPRD Bali, I Gusti Ayu Aries Sujati yang sempat diwacanakan menggantikan suaminya, Putu Agus Suradnyana, hanya mendapat 109 suara atau 1,4%. M

Menanggapi kemunculan namanya dalam polingkita.com, Rocky. N mengaku  kaget. "Saya merasa bersyukur dan berterima kasih, karena ternyata nama saya diperhitungkan dan diikutkan pada polling ini. Tentu saya juga sangat berterima kasih kepada seluruh voter baik memilih saya atau peserta lainnya. Karena ini merupakan awal demokrasi yang baik di kalangan masyarakat Buleleng. Tapi saya, tentu sampai saat ini hanya ingin terus fokus turun untuk membantu masyarakat Buleleng, sekaligus menuntaskan dengan baik tugas-tugas dan kewajiban saya sebagai kader partai dan anggota dewan," beber doktor ilmu hukum lulusan Universitas Udayana ini.

Dewan Pimpinan Kerohanian Pusat Perguruan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa ini, mengaku karena jiwa sosialnya selama ini, hanya ingin turun membantu masyarakat secara langsung dan bukan semata-mata mencari dukungan untuk jabatan apapun. "Saya terus terang saja, saya kaget dan tidak tahu kalau nama saya ada di polling. Dan saya baru tahu pas habis sembahyang Pagerwesi kemarin, dan saya lihat ternyata saya di posisi pertama sekarang," ungkapnya.

Ditanya soal kesiapannya, Rochineng memilih diplomatis. “Kalau memang masyarakat Buleleng menginginkan, serta atas perintah partai, maka saya pasti siap memegang amanah tersebut," tegas Rocky. N. *mao

Komentar