nusabali

DKPP Gelorakan Kebiasaan Makan Olahan Ikan

  • www.nusabali.com-dkpp-gelorakan-kebiasaan-makan-olahan-ikan

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng  menggelorakan kebiasaan makan olahan ikan.

Gerakan Gemar Makan Ikan (Gemari) dilangsungkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, serangkaian HUT ke-418 Kota Singaraja, Senin (28/3) pagi.

Sekretaris DKPP Buleleng Jon Benni Ariatman mengatakan kegiatan Gemari memang digelorakan sejak lima tahun terakhir. Hal tersebut digalakkan untuk mendukung pembentukan kesehatan masyarakat. Terutama untuk kecerdasan otak anak.

“Nilai gizi, terutama Omega 3 yang terkandung pada ikan sangat baik, untuk membentuk kecerdasan otak anak usia 1-5 tahun. Harapannya dengan kegiatan ini masyarakat terbiasa mengkonsumsi ikan,” ungkap Benni.

Menurutnya Kabupaten Buleleng dengan garis pantai terpanjang di Bali dan potensi perikanan air tawar sangat tinggi. Sehingga suplai konsumsi ikan di Buleleng tentu sangat melimpah. Selain gerakan Gemari Pemkab Buleleng juga menggelar pasar pangan lokal.

Sebanyak 30 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Buleleng dilibatkan dalam pasar pangan lokal tersebut. Masing-masing menampilkan produk-produk UMKM dari Kelompok Wanita Tani (KWT), mulai dari olahan pangan hingga produk pertanian unggulan.

“Kegiatan ini untuk penggerak ekonomi lokal kita di Buleleng, selain mengenalkan RTH Taman Bung Karno kita kepada masyarakat luas,” imbuh Sekdis Benni.

Sementara itu salah satu pelaku UMKM Janarti Sutrisna mengaku senang mendapat kesempatan berpartisipasi dalam pasar pangan lokal. Dia pun berharap kegiatan yang sama rutin digelar setiap tahun, memberikan kesempatan pelaku UMKM mengenalkan produk ke masyarakat luas.

Namun tidak hanya kesempatan berpromosi, tetapi Janarti juga berharap pemerintah memberikan dukungan kepada UMKM untuk peningkatan dan pengembangan usaha. Salah satunya melalui pelatihan produk maupun pelatihan pemasaran. *k23

Komentar