nusabali

Sediakan Aneka Pangan, Bazzar Diserbu Warga Denpasar

  • www.nusabali.com-sediakan-aneka-pangan-bazzar-diserbu-warga-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Denpasar menggelar bazzar pangan (pasar murah) bertempat di Dusun Tegal Kawan, Desa Pemecutan Kelod, Denpasar Barat, Jumat (25/3/2022) pagi.

Begitu bazzar dibuka sekitar pukul 07.30 Wita, warga sekitar yang didominasi ibu-ibu langsung menyerbu meja-meja yang menyajakan kebutuhan pangan sehari-hari, seperti beras, minyak goreng, telur, gula, sayuran, buah, hingga makanan kecil.

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara, menyempatkan hadir meninjau didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Widnyani Wiradana, dan Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Denpasar, I Gusti Ayu Ngurah Raini.

Mereka disambut Perwakilan DPKP Kota Denpasar, Camat Denpasar Barat, dan Sekdes Pemecutan Kelod. 

Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda, Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan DPKP Kota Denpasar, Ni Nyoman Guna Antarini, menyampaikan pihaknya memfasilitasi masyarakat dengan pangan berkualitas sekaligus harga lebih rendah dibanding harga di pasaran. 

Selain itu pasar murah juga digelar dalam menyambut Hari Raya Saraswati, Pagerwesi, dan datangnya bulan puasa.

"Maksud tujuannya untuk memberikan akses pangan kepada masyarakat dengan harga terjangkau, murah, tetapi dengan kualitas yang baik dan terjamin," terang Antarini di sela kegiatan bazzar.

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya menggandeng beberapa pihak dalam bazzar pangan kali ini. Selain dari perusahaan distributor pangan, pihaknya juga menggandeng LUPM (Lembaga Usaha Pangan Masyarakat) yang merupakan lembaga binaan DPKP Kota Denpasar. 

Dalam kesempatan ini LUPM binaan DPKP Kota Denpasar menyediakan kebutuhan pokok seperti beras, makanan olahan lele bumbu kuning, hingga aneka makanan camilan. 

Sementara dari pihak perusahaan distributor menyediakan minyak goreng, telur, gula, dan bahan pangan lainnya. 

Harga yang ditawarkan dalam bazzar disebut lebih murah Rp 1.000 sampai Rp 2.000 dibanding harga di pasaran. 

Beras ukuran 5 kilogram misalnya dijual Rp 47.000 sementara telur Rp 42.000 per krat. Komoditas yang lagi viral minyak goreng curah dijual Rp 13.500 per liter, sementara minyak goreng kemasan dijual Rp 23.000 per liter.

Lebih jauh dijelaskan, kegiatan bazzar pangan akan diadakan secara rutin oleh DPKP Kota Denpasar khususnya menjelang hari raya keagamaan.

Rencananya ada 6 kali lagi event serupa diadakan sepanjang 2022 tersebar di 4 kecamatan di Kota Denpasar.

"Kami memfasilitasi desa/kelurahan yang ingin mengadakan bazzar pangan dalam menyambut event apapun di wilayahnya, kami siap memfasilitasi," tandas Antarini. 

Sementara itu Kepala Dusun Tegal Kawan, I Ketut Suandi, merasa bersyukur kegiatan bazzar pangan di wilayahnya berjalan lancar dan banyak warganya yang memanfaatkan kegiatan bazzar.

Ia mengungkapkan, di dalam wilayahnya terdapat banyak pengusaha kecil terutama di bidang kuliner yang pastinya membutuhkan bahan pokok dengan harga terjangkau. 

Pun, ibu rumah tangga, ujarnya, banyak menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan harga murah dibanding harga di pasaran.

"Di banjar (dusun) kami ada kelompok dagang (kuliner), kebetulan dari masyarakat kami memiliki aktivitas penjual sate, penjual babi guling dan lawar, sehingga aktivitas kami di sini banyak berkecimpung pada dagang," ujar Suandi. 

"Dari jam 07.30 tadi masyarakat kami penuh datang untuk berbelanja," lanjutnya. 

Komentar