nusabali

Stage Sidan Telan Dana BKK Rp 1 Miliar

  • www.nusabali.com-stage-sidan-telan-dana-bkk-rp-1-miliar

GIANYAR, NusaBali
Stage (panggung) Sidan di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Gianyar, kini direvitalisasi dengan anggaran Rp 1 miliar dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK).

Pengerjaan saat ini baru pembuatan pondasi dengan progres sekitar 30 persen. Sebulan ke depan, stage yang dulu sempat eksis dengan pertunjukan barong, namun akhirnya nyaris ambruk ini, diprediksi akan rampung. Pengelolaan stage akan diambil alih oleh BUMDes Desa Sidan, dari pengelola sebelumnya yakni Dinas Pariwisata Gianyar. Hal itu diungkapkan Perbekel Desa Sidan Made Sukra Suyasa, saat ditemui Selasa (22/3). “Disini kami juga kembangkan ragam tanaman hortikultura,” ujarnya, Selasa (22/3).

Stage Sidan, kata Sukra Suyasa, nantinya sebagai pendukung Kissidan ECO Hill yang dikembangkan oleh pemerintah Desa Sidan. “Nanti Stage Sidan ini kembali untuk pertunjukan, menjadi panggung. Lebih dari itu, stage akan menjadi pintu masuk atau lobi menuju Kissidan ECO Hill,” ujarnya.

Stage Sidan yang masih tahap pengerjaan itu direncanakan rampung April 2022 bertepatan HUT Kota Gianyar. “Kalau sudah jadi, dimanfaatkan kembali,” ujarnya. Rencananya, stage akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). “Pertunjukkan seni skup desa sampai internasional akan kami adakan disini,” ujarnya.

Untuk pendapatan dari stage, nantinya dengan penjualan tiket pertunjukan. “Dulu sempat ada pertunjukan barong. Tapi kalau dihidupkan, itu harus ada permintaan,” terangnya.

Kaitan dengan Stage Sidan, tahun 2021, sudah 40 hektare lahan pertanian di Sidan digarap serba organik. Terutama view Kissidan ini 3 hektare, dulunya merupakan hutan belantara yang dirabas. Setelah dirabas, lahan ditata dan diaktifkan kembali menjadi lahan basah. Desa juga membuatkan saluran irigasi. "Saat ini viewnya bagus, tak kalah sama Cekking (di Desa/Kecamatan Tegallalang). Kita ingin wisata Gianyar timur menggeliat dengan objek baru ini," harapnya.

Selain pemandangan, Kissidan menawarkan kuliner khas Desa Sidan yakni beras organik dan sere jele. "Sasarannya wisatawan domestik maupun mancanegara. Juga pengunjung lokal sudah banyak yang datang," jelasnya.

Kata Sukra Suyasa, sejumlah travel agen sudah melirik Kissidan ECO Hill. Di samping view sawah, akses menuju tempat ini juga strategis dari Bypass Prof DR Ida Bagus Mantra maupun dari pusat Kota Gianyar. *nvi

Komentar