nusabali

Sejarah, Miguel Oliveira Pemenang Pertama MotoGP Mandalika

  • www.nusabali.com-sejarah-miguel-oliveira-pemenang-pertama-motogp-mandalika

MATARAM, NusaBali
Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 atau akrab disebut MotoGP Mandalika sukses digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3).

Dalam seri balapan ini, Rider Red Bull KTM Miguel Oliveira keluar menjadi pemenang pertama di seri balapan Mandalika, Indonesia dalam balapan yang berlangsung dalam kondisi basah akibat hujan deras.

Rider Portugal itu keluar menjadi pemenang usai mencatat waktu 33 menit 27,223 detik. Oliveira bisa mengasapi Fabio Quartararo dan Johann Zarco, di posisi dua dan tiga. Bagi Oliveira, ini membuatnya bisa meraih kemenangan di tiap tahun kejuaraan MotoGP. Setelah debutnya pada 2019 tidak meraih podium pertama, dia bisa meraihnya di tahun 2020, 2021, dan 2022. Total, Oliveira sudah meraih empat kemenangan di kelas MotoGP. Catatan terbaiknya ditorehkan pada 2020, saat bisa mengemas dua kemenangan dalam satu musim kejuaraan MotoGP

Kemenangan di Mandalika juga membuat Oliveira mencatat sejarah. Dia menjadi pemenang pertama di seri kejuaraan MotoGP Mandalika. Secara keseluruhan, dia menjadi pemenang ketiga di kelas tertinggi balap motor Indonesia sepanjang sejarah.

Sebelumnya, ada Mick Doohan (1996) dan Tadayuki Okada (1997), yang bisa menjadi pemenang di kelas 500cc balap motor di Grand Prix Indonesia, yang ketika itu masih digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Kemenangan di Mandalika membuat Oliveira bisa menebus kesalahannya di seri pertama. Di MotoGP Qatar, rider berusia 27 tahun itu gagal finis sehingga gagal mendulang poin.

Kemarin Miguel Oliveira membutuhkan waktu 4 lap untuk merebut posisi terdepan. Di salah satu tikungan, Miguel Oliveira mendahului Jack Miller. Setelah itu, rider Portugal itu tak terkejar. Dia mampu mencapai garis finis paling cepat. Dengan kemenangan di Pertamina Grand Prix of Indonesia kali ini, Miguel Oliveira, mengumpulkan 25 angka, duduk di posisi keempat. Rider Gresini Racing, Enea Bastianini, masih menjadi yang pertama dengan raihan 30 angka. Sementara itu, Brad Binder ada di posisi ketiga dengan koleksi 28 angka. Fabio Quartararo menempati peringkat ketiga dengan raupan 27 angka.

Jalannya balap kemarin, yakni diawali Fabio Quartararo mampu menjalani start bagus dari baris terdepan. Tapi, dia hanya bertahan dua lap menjadi pemimpin balapan, disalip oleh Jack Miller. Tiga lap berjalan, Quartarari kembali melorot. Dalam trek lurus, dia didahului oleh Alex Rins dan Johann Zarco. Balapan menyisakan 16 putaran, Miguel Oliveira menyalip Jack Miller dari posisi pertama. Rider Portugal itu mendahului Miller dalam sebuah tikungan.

Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, crash. Dia jatuh di tikungan 1 saat balapan penyisakan 13 lap lagi. Dalam 8 lap tersisa, Oliveria sudah mempunyai gap yang cukup jauh. Dia sudah unggul 3,937 detik. dari Jack Miller di posisi kedua. Pada sisa balapan, Oliveira tak terkejar dari posisi terdepan. Dia menjadi rider pertama yang menjadi pemenang di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Menjadi pemenang di Mandalika, Miguel Oliveira pun naik podium tertinggi dan menerima trofi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rider Portugal tersebut jadi rider pertama yang melintasi garis finis Sirkuit Pertamina Mandalika, dalam balapan yang sempat tertunda sekitar 1 jam akibat cuaca. Seperti dijadwalkan sebelumnya, momen istimewa ini turut disemarakkan dengan kehadiran Presiden Joko Widodo yang hadir langsung di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Orang nomor satu Indonesia itu, yang sebelumnya juga menjamu rombongan MotoGP di Istana Negara dalam gelaran Parade Rider MotoGP, turut naik ke atas podium. Presiden Jokowi lantas juga terlihat menyerahkan trofi juara Pertamina Grand Prix of Indonesia kepada Miguel Oliveira, yang kembali naik podium tertinggi sejak Catalunya tahun lalu.

Usai gelaran Balap MotoGP kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berterima kasih kepada semua pihak yang membantu suksesnya gelaran MotoGP Mandalika. Jokowi siap mengevaluasi hal-hal yang dirasa perlu. "Memang masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki, saya kira ini event jangka panjang," kata Jokowi. Jokowi berjanji melakukan perbaikan MotoGP Mandalika apabila ada kekurangan. Jokowi menegaskan MotoGP Mandalika adalah gelaran jangka panjang.

"Tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan," katanya. Jokowi pun mengucapkan selamat kepada semua pihak.

Sejumlah media asing turut menyoroti pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 atau akrab disebut MotoGP Mandalika. Perhelatan balap motor dunia dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salah satu media yang menyoroti perhelatan MotoGP Mandalika adalah kantor berita Reuters. 'Grand Prix Kembali ke Indonesia Setelah 25 Tahun Absen," demikian headline yang ditulis Reuters dikutip detik.com. "Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah Grand Prix yaitu pada tahun 1996 dan 1997 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Kantor berita tertua di dunia, Agence France-Presse atau AFP juga menyoroti perhelatan MotoGP Mandalika. Artikel itu diberi judul "Indonesia Bangkit untuk GrandPrix Pertama dalam 25 Tahun" "Indonesia menyelenggarakan Grand Prix sepeda motor pertamanya dalam 25 tahun," tulis AFP mengawali laporannya. Perhelatan akbar MotoGP juga diberitakan Associated Press (AP). "Balapan MotoGP Akan Membawa 60.000 Penggemar ke Sirkuit Indonesia" demikian headline yang ditulis AP. "Balapan MotoGP pertama di Indonesia dalam 25 tahun akan menarik penonton terbesar untuk acara olahraga apa pun di negara ini sejak dimulainya pandemi virus corona ketika 60.000 penggemar datang ke pulau wisata Lombok," tulis AP dalam laporan awalnya.

Sementara Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, tak bisa tampil di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022. Dia kembali terjatuh saat sedang melakukan sesi pemanasan (warm up) MotoGP, Minggu pagi kemarin. Ini adalah ketiga kalinya Marquez terjatuh di Sirkuit Internasional Mandalika. Marquez terjatuh high side saat melibas tikungan ketujuh. Motor sampai terlempar ke udara, dan The Baby Alien sempat terguling ke gravel. Beruntung Marquez masih bisa berjalan saat didampingi oleh marshal. *

Komentar