nusabali

Disdikpora Buka Seleksi Paskibraka

  • www.nusabali.com-disdikpora-buka-seleksi-paskibraka

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem membuka seleksi Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) tahun 2022.

Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Arta mengundang para siswa SMA/SMK mengikuti seleksi. Kasek SMAN 1 Amlapura, I Ketut Marta Ariana, siap kirimkan siswanya ikut seleksi. SMAN 1 Amlapura bahkan punya ekstrakurikuler Paskibraka.

Marta Ariana mengaku telah menyiapkan 10 pasang siswa untuk ikut seleksi Paskibraka pada 19-20 April 2022. Biasanya, minimal dua pasang siswa SMAN 1 Amlapura lolos jadi anggota Paskibraka Karangasem. SMAN 1 Amlapura punya ekstrakurikuler Paskibraka dengan Pembina Ida Bagus Wisnu, Ni Made Arini Dwijaryanti, dan I Nyoman Susila Natha. “Kami siap kirimkan siswa untuk ikut seleksi,” ungkap Marta Ariana, Senin (14/3). Kasek SMAN 2 Amlapura, Wayan Sugiana, juga mengakui siswanya siap mengikuti seleksi paskibraka. “Kami sudah siapkan calon peserta sesuai persyaratan, menyangkut tinggi badan, bentuk kaki, dan teknis lainnya,” ungkap Wayan Sugiana.

Kasek SMAN Selat, I Wayan Cenik, juga mengakui siswanya dapat undangan ikut seleksi Paskibraka 2022. “Setiap tahun rutin ikut seleksi, minimal mampu meloloskan 1 orang,” ungkap Wayan Cenik. Sementara Kasek SMKN Manggis I Nyoman Wage, berharap anggota Paskibraka secara penuh yakni ada pasukan 17, pasukan 8, dan pasukan 45. Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Arta mengatakan sesuai rencana mencari untuk pasukan 17, 8, dan 45. “Kami telah melayangkan surat undangan ke SMA dan SMK agar menyertakan siswanya ikut seleksi,” kata Gusti Ngurah Arta.

Seleksi Selasa (19/4) di Stadion Gunung Agung, Jalan Veteran untuk tes fisik dan Rabu (20/4) di Aula Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora, Jalan Veteran. Siswa yang mendaftar menyertakan surat keterangan sehat dan t diseleksi secara fisik. Nantinya juga menyeleksi satu pasang untuk dikirim ke Provinsi Bali. Syarat calon anggota Paskibraka, putra tinggi badan 167 cm-180 cm dan putri tinggi 162 cm-175 cm. Ada surat pengantar dari sekolah dan izin orangtua. Sudh mengikuti dua kali vaksinasi Covid-19. Tahun lalu, sebanyak 166 siswa ikut seleksi Paskibraka berasal dari 21 sekolah. Selanjutnya meloloskan 67 orang. *k16

Komentar