nusabali

Atraksi Terjun Payung Warnai HUT ke-61 Kostrad

  • www.nusabali.com-atraksi-terjun-payung-warnai-hut-ke-61-kostrad

AMLAPURA, NusaBali
Atraksi terjun payung warnai perayaan HUT ke-61 Kostrad di Stadion Gunung Agung, Jalan Veteran, Amlapura, Senin (7/3). Sebanyak 30 personel TNI AD terbagi dalam dua shift terjun dari pesawat Cassa C212 milik TNI AD.

Mereka terjun dari ketinggian 10.000 meter dari permukaan laut dan mendarat di Stadion Gunung Agung sekitar pukul 09.00 Wita. Kepala Staf Divisi II Kostrad (Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat) Brigjen TNI Mohammad Fadjar didampingi Danbrigif (Komando Brigade Infantri) Para Raider 18/Trisula Kolonel Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa mengatakan, HUT ke-61 Kostrad yang utama adalah melakukan atraksi terjun payung selama dua hari, 6-7 Maret 2022. Terjun hari pertama, Minggu (6/3) sebanyak 30 penerjun sempat terkendala angin kencang. Dua penerjun mengalami cedera ringan karena membentur tembok stadion dan pohon pisang. Terjun hari kedua, kecepatan angin 0-5 knot per jam sehingga semua penerjun mendarat dengan aman.

Penerjun lepas dari pesawat Cassa dengan pilot kapten Cpn Teguh dan Copilot Lettu Cpn Nana. Selama atraksi berlangsung dipantau Hely Bell 412 dengan pilot Mayor Cpn Agus dan Copilot Kapten Cpn Rizky. Penerjun dijemput di Lapangan Udara Ngurah Rai, diterbangkan selama 45 menit kemudian diterjunkan dari ketinggian 10.000 meter dari permukaan laut. Sekitar 10 menit melayang-layang di udara kemudian mendarat satu per satu di Stadion Gunung Agung Amlapura. “Terjun hari kedua anginnya tenang, semua penerjun bisa mendarat di lapangan,” jelas mantan Komando Korem 031/Wira Bima 2019-2020, yang menjabat jadi Kepala Staf Divisi II Kostrad sejak 21 Januari 2022.

Sebanyak 30 penerjun di hari kedua dikoordinasikan Letda Inf Eka Rahmat Maiputra. “Kami mensyukuri terjun di hari kedua tidak ada kendala. Hembusan angin cukup tenang 0-5 knot per jam, hanya saja hembusan angin di Karangasem sering berubah-ubah karena terhalang Gunung Agung,” kata Letda Inf Eka. HUT ke-61 Kostrad juga diisi pelayanan vaksinasi booster kepada masyarakat umum dan pembagian 100 paket sembako kepada masyarakat yang ikut vaksinasi.

HUT ke-61 Kostrad dihadiri Bupati Karangasem I Gede Dana, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna, dan Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta. Bupati Gede Dana mengapresiasi kegiatan HUT ke-61 Kostrad di Karangasem sehingga masyarakat terhibur dengan adanya atraksi terjun payung. Banyak warga berdatangan menyaksikan dari dekat atraksi terjun payung itu. “Kami berharap, di lain kesempatan agar kembali menggelar pelatihan terjun payung di Karangasem,” pinta Bupati Gede Dana. Selama kegiatan terjun payung, seluruh aliran listrik di Jalan Veteran Amlapura dan sekitarnya dipadamkan untuk menghindari adanya penerjun nyangkut di kabel listrik. *k16

Komentar