nusabali

Curi Kayu Saat Nyepi, 2 Warga Dibekuk

  • www.nusabali.com-curi-kayu-saat-nyepi-2-warga-dibekuk

SINGARAJA, NusaBali
Dua warga Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, WT dan PM, dibekuk petugas Taman Nasional Bali Barat (TNBB) saat tengah mencuri kayu di kawasan itu.

Satu pelaku berhasil meloloskan diri saat diburu petugas. Ironisnya, tiga pelaku menjalankan aksinya saat Nyepi. Kasus ini kini masih dialam penanganan polisi. Informasi yang dihimpun, ketiga pelaku dipergoki petugas saat tengah berada di kawasan Pantai Teluk Kotal, TNBB, Kamis (3/3) sekitar pukul 10.00 Wita. Ketiganya kepergok sedang membungkus 5 pohon Santigi. Selain itu, juga ditemukan 6 batang kayu jenis yang sama di dekat ketiga pelaku. Mereka lantas diamankan petugas TNBB bersama Polisi Hutan (Polhut) Resort Pulau Menjangan.

Sayangnya, pelaku lainnya, berinisial E, merupakan warga Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, berhasil meloloskan diri dari sergapan petugas. Karena masih dalam suasana Nyepi, saat itu petugas berkoordinasi dengan aparat desa dinas dan desa adat setempat untuk pengamanan.

Kepala TNBB Agus Ngurah Krisna Kepakisan membenarkan penangkapan pelaku dugaan pembalakan liar tersebut. Para pelaku beraksi dengan cara menggali 5 pohon Santigi dan dibungkus dengan karung. Sementara 6 kayu dari jenis yang sama sudah dalam kondisi terpotong. Saat kepergok, para pelaku sempat mengecoh petugas dengan mengaku tengah mencari madu hutan.

"Karena saat itu masih dalam suasana Nyepi, kami berkoordinasi dengan pecalang untuk membawa dua pelaku ke Polres Buleleng. Sementara pelaku lainnya berhasil melarikan diri dan tengah kami kejar," ujar Agus dikonfirmasi Jumat (4/3/2022) siang.

Agus mengimbuhkan, pihaknya juga mengamankan barang bukti batang kayu pohon Santigi dari tangan pelaku. Untuk penanganan kasus ini juga sudah diserahkan ke pihak kepolisian. "Barang bukti tadi kami serahkan ke Polres. Karena saat suasana Nyepi kendaraan pengangkut terbatas, sehingga baru tadi (kemarin,Red) kami serahkan kepada petugas," tandas Agus.

Kanit 2 Reskrim Polres Buleleng Ipda Ketut Darbawa menyampaikan, dua pelaku tersebut sudah diamankan. "Sudah kami amankan pelaku dua orang. Mereka sedang kami mintai keterangan, terhadap 1 orang berinisial E masih dalam pengejaran Unit Reskrim Polres dan Polsek Gerokgak," singkatnya.*mz

Komentar