nusabali

10 Makanan Penyebab Asam Lambung

  • www.nusabali.com-10-makanan-penyebab-asam-lambung

DENPASAR, NusaBali.com - Asam lambung naik dapat dirasakan siapa saja, salah satu penyebab naiknya asam lambung yaitu makanan. Makanan yang memicu produksi asam lambung  tentunya akan membuat kamu tidak nyaman dan salah satu yang akan kamu rasakan yaitu perasaan linu pada ulu hati, dan perasaan terbakar di bagian bawah dada.

Asam Lambung merupakan kondisi otot yang berfungsi menutup jalur tubuh di pangkal kerongkongan tidak berfungsi dengan normal, sehingga asam lambung naik dan memberikan rasa nyeri pada perut.

Makanan yang memicu tersebut akan semakin memperburuk asam lambung. Oleh karenanya kamu perlu menghindari makanan-makanan yang menyebabkan asam lambung.

Untuk mengetahui makanan penyebab asam lambung apa saja kamu bisa mencari tahu dengan jelas dan berkonsultasi menggunakan aplikasi dari Klik Dokter, download di sini.

Apabila kamu merupakan seseorang yang memiliki riwayat asam lambung dan sedang mengalami asam lambung naik kamu harus menghindari makanan yang berbumbu, asam dan pedas. Selain itu, kopi, coklat dan kebiasan merokok juga harus dihindari karena akan melemahkan otot sfingter kerongkongan pada bagian bawah lambung.

Berikut dibawah makanan penyebab asam lambung. Silahkan disimak dengan baik!

1. Kopi

Makanan penyebab asam lambung pertama yaitu Kopi yang mengandung kafein. Kafein merupakan salah satu minuman yang dapat memicu asam lambung. 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kafein dapat mengendurkan esofagus sehingga dapat membuat asam lambung naik. Oleh karenanya kamu harus menghindari kopi secara rutin.

2. Susu

Para peneliti menemukan naiknya asam lambung sangat berkaitan dengan alergi susu pada anak-anak. Sehingga anak-anak yang memiliki alergi susu justru lebih rentan atau lebih sering mengalami gejala asam lambung.

Meskipun belum diketahui lebih lanjut apakah alergi susu ini berpengaruh kepada orang dewasa. Akan tetapi jika kamu setelah minum susu dan mengalami perasaan tidak nyaman dibagian perut, atau terasa kembung, ada baiknya kamu untuk menghindari makanan yang memiliki kandungan susu.

3. Cokelat

Makanan penyebab asam lambung berikutnya yaitu coklat. Buat kamu pecinta coklat terpaksa harus menghindari makanan yang mengandung coklat.

Ada tiga alasan mengapa coklat harus dihindari yaitu karena mengandung  banyak lemak, mengandung kafein, dan mengandung cocoa. Meskipun sebenarnya coklat hitam tidak dapat memicu asam lambung dari pada coklat yang mengandung lemak dan susu.

Tetapi beberapa penelitian menyebutkan bahwa coklat memiliki kandungan methylxanthine yang terbukti membuat otot sfingter melemah yang dapat membuat kenaikan asam lambung. Selain itu coklat juga memiliki kandungan kafein dan lemak tinggi yang membuat asam lambung menjadi naik.

4. Soda

Gelembung soda dapat mengmbang didalam lambung, sehingga membuat tekanan yang membuat refluks. Minuman bersoda harus kamu hindari seperti jus buah kemasan, minuman berenergi, air bitamin, minuman olahraga, dan minuman bersoda.

5. Peppermint

Banyak yang mengklaim bahwa peppermint dapat menenangkan saluran pencernaan. Padahal klaim tersebut merupakan hal yang salah.

Peppermint merupakan salah satu penyebab terjadinya asam lambung naik. Kamu dapat mengonsumsi teh jahe atau the chammolie untuk mengurangi rasa kembung, tanpa efek menekan refluks.

6. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah penyebab asam lambung. Karena jeruk memiliki tingkat asam yang sangat tinggi. 

Tingkat asam yang tinggi dari buah-buahan citrus akan membuat sfingter esofagus menjadi mengendur, dan semakin membuat gejala asam lambung menjadi semakin buruk. Buah-buahan citrus seperti lemon, anggur, dan jeruk yang memiliki asam tinggi.

7. Tomat

Tomat juga merupakan makanan penyebab asam lambung naik karena secara alami tomat miliki kadang asam yang tinggi. Oleh karenanya kamu harus menghindari makanan yang mengandung tomat seperti tomat yang dimarinasi, saus tomat, dan sup tomat.

8. Alkohol

Jika kamu merupakan pengidap asam lambung sebaiknya kamu menghindari minuman beralkohol. Sebab alkohol dapat membuat katup sfingter melemah dan semakin merangsang produksi asam lambung.

Jadi, sebisa mungkin kamu harus menghindari alkohol untuk membuat asam lambung kamu menjadi membaik.

9. Bawang

Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa barang merupakan salah satu penyebab asam lambung menjadi menjadi naik dan membuat perut menjadi kembung. Jadi, kamu yang mengidap asam lambung  kamu harus menghindari bawang putih, bawang bombay dan bawang merah.

Bawang-bawangan memiliki sifat untuk melemahkan otot pada kerongkongan sehingga bagian bawah perut menjadi melemah. Sehingga asam lambung menjadi naik ke kerongkongan yang membuat kamu merasakan gejala maag yang sangat tidak membuat kamu nyaman.

Bawang-bawangan juga memiliki zat yang didalamnya dapat mengganggu pencernaan, sehingga kamu akan lebih sering sendawa. Sendawa sendiri merupakan salah satu gejala maag, dan jika dibiarkan asam lambung kamu akan menjadi lebih memburuk.

10. Makanan yang Digoreng

Makanan penyebab asam lambung selanjutnya yaitu makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng dapat memicu kondisi maag, dan dapat menaikan resiko terserang kolesterol.

Dari penelitian tersebut disebutkan bahawa orang-orang yang mengonsumsi makanan berkolestrol dan asam lemak jenuh akan lebih banyak mengalami gejala maag.

Demikianlah informasi 10 makanan penyebab asam lambung naik. Apabila kamu memiliki memiliki riwayat penyakit asam lambung kamu wajib untuk menghindari 10 makanan penyebab asam lambung agar, asam lambung kamu tidak kambuh.

Selain menghindari 10 makanan penyebab asam lambun naik kamu juga perlu untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti makan yang teratur, dan memperhatikan porsi makanan. Dengan menerapkan pola hidup sehata, dan menghindari 10 makanan penyebab asam lambung maka gejala asam lambung kamu akan teratasi.

Komentar