nusabali

Satgas Bubarkan Kerumunan di Pasar Tabanan

  • www.nusabali.com-satgas-bubarkan-kerumunan-di-pasar-tabanan

TABANAN, NusaBali
Tim Yustisi Satgas Covid-19 Kabupaten Tabanan melakukan sidak protokol kesehatan (prokes) pada Sabtu (12/2) malam sekitar pukul 21.00 Wita.

Sejumlah tempat keramaian didatangi untuk memantau penerapan prokes. Di tengah kasus virus Omicron yang meningkat, masih ditemukan 50 pelanggar prokes. Sebagian besar mereka tidak menggunakan masker dengan baik.

Sidak yang dipimpin langsung Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra juga membubarkan kerumunan anak muda yang nongkrong di seputaran Jalan Gajah Mada,  komplek Pasar Tabanan, Kecamatan Tabanan. "Kami bubarkan karena mereka berkerumun nongkrong. Pembubaran kami lakukan secara humanis," katanya, Minggu (13/2).

Kata dia, ada sejumlah tempat yang disasar untuk pengawasan prokes tersebut. Mulai dari tempat ngopi, pasar senggol, rumah makan hingga taman kota di Kecamatan Tabanan dan Kediri. "Dua Kecamatan difokuskan untuk pengawasan karena memang setiap malam rawan keramaian," imbuhnya.

Ditambahkan Kasat Pol PP Tabanan Gede Sukanada, hasil dari sidak proskes di dua kecamatan ditemukan 50 pelanggar. Mereka sebagaian besar melanggar tidak menggunakan masker dengan baik. Bahkan ada juga yang tidak memakai masker berdalih sedang merokok dan makan. "Terhadap mereka yang melanggar kita sudah kasi pembinaan tidak sampai ada yang dikenakan denda maupun hukuman fisik," katanya.

Menurutnya, selain pengunjung, tempat usaha juga menjadi sasaran untuk pengawasan prokes. Dalam hal ini kata Sukanada pelaku usaha diminta untuk tegas dalam penerapan prokes terhadap pengunjung. "Tempat cuci tangan wajib disediakan serta tempat duduk pagi pengunjung diatur jarak," sarannya.

Dia menambahkan dari hasil pemantauan tersebut 11 pelaku usaha sudah diingatkan untuk mengatur jarak tempat duduk bagi pengunjung. "Kami harapkan seluruh masyarakat Tabanan untuk taat terhadap penerapan prokes ditengah kasus Covid-19 yang masih belum reda," tandas Sukanada.

Berdasarkan data upatade kasus harian Covid-19 di Tabanan, per 13 Februari tambahan kasus positif mencapai 151 orang dan sembuh 115. Secara komulatif total kasus positif Covid-19 di Tabanan mencapai 14.000, sembuh 11.581, meninggal 558 orang. *des

Komentar