nusabali

Kamerun dan Burkina Faso ke Semifinal

  • www.nusabali.com-kamerun-dan-burkina-faso-ke-semifinal

DOUALA, NusaBali
Karl Toko Ekambi membawa tim nasional Kamerun ke semifinal Piala Afrika 2021, dengan mengalahkan Gambia 2-0, dalam laga perempat final di Stadion Japoma, Douala, Minggu (30/1) dinihari WITA.

Langkah Kamerun, diikuti Burkina Faso usai menyingkirkan Tunisia. Ya, Ekambi memborong dua gol penentu kemenangan Kamerun pada menit ke-50 dan 57.  Sejak unggul 2-0, Kamerun lebih banyak menguasai permainan. Namun peluang Nicolas Moumi Ngamaleu dan Hongla dapat diamankan kiper Baboucarr Gaye.

Sebaliknya, Gambia yang kesulitan menembus lini pertahanan Kamerun terpaksa melakukan spekulasi jarak jauh termasuk tembakan Ebrima Colley yang berakhir digagalkan kiper Andre Onana.

Skor 2-0 bertahan hingga bubaran memastikan langkah tuan rumah ke semifinal. Sedangkan Gambia harus puas menyudahi penampilan debutnya di Piala Afrika di perempat final. Di semifinal, Kamerun akan menghadapi pemenang laga Mesir kontra Maroko.

Sementara itu, Burkina Faso ke semifinal Piala Afrika 2021 seusai menyingkirkan Tunisia 1-0, di Stadion Roumde Adjia, Garoua, Minggu dinihari WITA. Tunisia gagal memanfaatkan situasi 11 lawan 10 dan nyaris tak menciptakan satu pun peluang lagi.

Di semifinal, Burkina Faso nantinya akan menghadapi pemenang laga perempatfinal lain antara Senegal kontra Guinea Ekuator.  

Gol semata wayang yang dicetak Dango Outtara menjadi pembeda antara kedua tim. Namun penyerang sayap Burkina Faso itu harus meninggalkan lebih awal karena menerima kartu merah.

Outtara mencetak golnya dua menit memasuki injury time babak pertama ketika melepaskan sepakan kaki kiri kala untuk menyelesaikan umpan kiriman Blati Toure.

Tunisia yang pernah menjuarai Piala Afrika 2004 berusaha keras untuk mencetak gol balasan. Mereka mendapat peluang bagus melalui umpan silang Naim Sliti pada menit ke-57. Namun penyelesaian Wahbi Khazri malah melenceng dari sasaran.

Tunisia yang terus menerus memberondong pertahanan Burkina Faso mendapat keuntungan besar ketika Outtara diganjar kartu merah pada menit ke-82 setelah VAR menilai pemain sayap Lorient itu melakukan pelanggaran keras terhadap Ali Maaloul. *ant

Komentar