nusabali

Bupati Suwirta Serahkan SK Penetapan BLUD Puskesmas

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-serahkan-sk-penetapan-blud-puskesmas

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan SK mengenai penetapan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) Puskesmas kepada semua Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas se-Kabupaten Klungkung, di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (13/1).

BLUD merupakan sebuah sistem pelayanan kepada masyarakat.  Bupati Suwirta menyampaikan dengan SK penetapan BLUD Puskesmas ini, tenaga kesehatan dapat memanfaatkan untuk upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, berinovasi, dan bertanggungjawab. Bupati Suwirta berpesan kepada Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Klungkung untuk dapat menunjukkan jati diri sebagai leader yang baik. "Jati diri ini agar dapat optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan dan menerapkan pola panutan di tempat tugas masing-masing," pesan Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga meminta kepada seluruh Puskesmas di Kabupaten Klungkung supaya dapat segera menerapkan digitalisasi. Seperti e-rekam medis, e-rujukan, dan aplikasi lainnya. Pada kesempatan tersebut, Bupati Suwirta juga menugaskan Kepala Dinas Kesehatan dr Ni Made Adi Swapatni agar mengecek ulang kebutuhan tenaga kesehatan, agar pelayanan kesehatan dapat berjalan optimal di semua Puskesmas dan RSUD Klungkung.

Kepala Dinas Kesehatan dr Ni Made Adi Swapatni menyatakan dalam mempersiapkan BLUD pada Puskesmas se-Kabupaten Klungkung, Dinas Kesehatan Klungkung terlebih dahulu mengadakan berbagai kegiatan yakni pelatihan, pendampingan, serta menugaskan pimpinan Puskesmas untuk mengikuti studi banding ke wilayah Puskesmas di seputaran Provinsi Bali maupun luar Provinsi Bali. "Kami berharap agar Puskesmas dapat siap dalam melaksanakan tugas BLUD ini Puskesmas," harap dr Swapatni.

Acara tersebut diisi penandatanganan perjanjian kerja sama secara simbolis antara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung Elly Widiani dengan Kepala UPTD Puskesmas Banjarangkan I dr I Wayan Agus Arisnawan yang disaksikan para undangan yang hadir.  Acara ini dihadiri pula oleh Inspektur Daerah Kabupaten Klungkung I Made Seger, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Klungkung I Dewa Putu Geriawan. *wan

Komentar