nusabali

Yayasan Umanara Bantu Korban Banjir Bandang Nusa Penida

  • www.nusabali.com-yayasan-umanara-bantu-korban-banjir-bandang-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Yayasan Umanara di Desa Sakti, Nusa Penida, menggelar aksi penggalangan dana secara online.

Dana ini untuk membantu korban banjir bandang di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (13/22) lalu. Kerugian material akibat bencana ini Rp 3,67 miliar,

Yayasan ini berhasil mengumpulkan dana Rp 35 juta lebih. Tahap pertama baru disalurkan Rp 30 juta. Dana tersebut ditambah dana yayasan Rp 7 juta. Bantuan diserahkan pada lima desa di Nusa Penida, yakni Desa Suana, Desa Bantununggul, Desa Kutampi, Desa Ped, dan Desa Sakti. Bantuan berbentuk sembako yakni beras 2,5 ton, 250 liter minyak goreng dan 65 dus mi instan, Minggu (26/12).

Ketua Yayasan Umanara Pande Bagus Gde Guna Sesana mengharapkan kondisi mental (trauma) korban bencana cepat pulih. Pihaknya juga memberi semangat agar warga kembali hidup normal. "Penyelenggara Yayasan Umanara dan penidago.com ini didukung banyak pihak utamanya relawan Umanara," ujar Guna Sesana, Senin (27/12).

Kata Guna Sesana, ke depan yayasan ini akan terus berbuat aksi sosial budaya dan keagamaan, tidak saja di Nusa Penida, tapi untuk Bali umumnya.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung I Gusti Agung Putra Mahajaya mengapresiasi komunitas yang mau peduli pada korban bencana. Sudah banyak kepedulian datang dari komunitas-komunitas baik yang datang ke Dinas Sosial, bupati, camat atau ke desa-desa terdampak untuk memberikan  bantuan, yang intinya sama diberikan kepada korban bencana yang tentu akan sangat bermanfaat. Kata dia, penanganan sosial dari pemerintah dan swasta sudah ada berupa bantuan sembako, kasur, dan alat-alat dapur. *wan

Komentar