nusabali

Gratis Tes Antigen di Padangbai

  • www.nusabali.com-gratis-tes-antigen-di-padangbai

AMLAPURA, NusaBali
Satuan Pelabuhan Penyeberangan Padangbai Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Bali dan NTB menggratiskan tes antigen buat sopir dan kernet truk yang mengangkut logistik jelang Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Tes antigen gratis untuk sopir dan kernet yang tiba di Pelabuhan Padangbai maupun yang meninggalkan Pelabuhan Padangbai. Satuan Pelabuhan Penyeberangan Padangbai BPTD Bali-NTB menyiapkan 9.000 dosis antigen gratis.

Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Padangbai BPTD Wilayah XII Bali-NTB, I Nyoman Agus Sugiarta, menegaskan pelayanan untuk sopir dan kernet truk di Posko Nataru setiap hari mulai pukul 07.00 Wita-20.00 Wita. Tes antigen gratis tak berlaku bagi pelaku perjalanan. “Kami melayani tes antigen gratis sejak November 2021 untuk meringankan biaya para sopir dan kernet yang mengangkut logistik,” jelas Agus Sugiarta, Senin (20/12). Jika ada sopir maupun kernet reaktif, penanganan lebih lanjut diserahkan ke Satgas Covid-19. “Kami memberikan pelayanan gratis antigen selain meringankan biaya yang dikeluarkan sopir dan kernet, juga untuk menekan penularan Covid-19,” tegas Agus Sugiarta.

Dijelaskan, tes antigen merupakan tes imun yang berfungsi mendeteksi virus, mendiagnosis patogen pernapasan seperti virus influenza, respiratory syncytial virus (RSV) dengan cara mengambil sampel lendir hidung melalui proses swab. Pengambilan sampel sebelum melakukan perjalanan dilakukan maksimal 1 x 24 jam sesuai Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/I/3065/2021 per 1 September 2021. Biaya tes antigen untuk Jawa-Bali Rp 99.000, di luar Jawa-Bali Rp 109.000. “Jelang Nataru, tes antigen kami gratiskan agar tidak lagi ada virus Covid-19 masuk Bali,” jelas Agus Sugiarta.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol Made Suadnyana mengapresiasi inovasi Satpel Pelabuhan Penyeberangan Padangbai BPTD Wilayah XII Bali-NTB. “Jika sopir dan kernet setelah dites menunjukkan gejala reaktif, akan dilakukan penanganan lebih lanjut,” jelas Kompol Made Suadnyana. Harapannya, yang datang ke Bali atau meninggalkan Bali benar-benar orang sehat. “Tes antigen untuk sopir dan kernet sifatnya membantu mengurangi biaya operasional yang dikeluarkan sopir dan kernet,” ungkap Kompol Made Suadnyana. Setiap truk yang tiba di parkir Pelabuhan Padangbai diarahkan menuju Posko Nataru 2022 untuk tes antigen. *k16

Komentar