nusabali

PCMI Bali Sambangi Pasraman Gurukula Bangli

  • www.nusabali.com-pcmi-bali-sambangi-pasraman-gurukula-bangli

Dalam rangka memperingati HUT-nya yang ke 37, Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Bali menyambangi Pasraman Gurukula di Kelurahan Kubu, Kecamatan/Kabupaten Bangli.

BANGLI, NusaBali
Selain menyerahkan bantuan, anggota PCMI sekaligus berinteraksi dengan warga (siswa) penghuni pasraman.

”Ini sebagai bentuk rasa syukur karena kami diberi kesempatan berpartisipasi sesuai dengan kapasitas kami masing-masing,” ujar Ketua PCMI Bali, I Gede Agus Jaya Sadguna di sela kunjungan, Sabtu (28/1). Menurut Agus Jaya PCMI sendiri merupakan wadah untuk alumni para pemuda yang sebelumnya ikut dalam program pertukaran pemuda antara Negara dan Kapal Pemuda Nusantara. Di Bali, jumlah anggota PCMI sekitar 100-an orang. Pertukaran Pemuda dan Kapal Nusantara merupakan program  Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Ditambakan Agus Jaya, PCMI ingin berinteraksi lebih jauh untuk mengenal lebih mendalam tentang Pasraman Gurukula, yang melaksanakan pendidikan formal (TK, SD, SMP dan SMA), dengan pola pasraman. “Ketrampilan masih bisa dipelajari, namun jika kepribadian sudah tidak baik itu yang susah,” ujar Agus Jaya, memuji Pasraman Gurukula yang juga menekankan pelajaran etika dan kepribadian kepada siswanya.

Pengelola Pasraman Gurukula Bangli, I Wayan Arsada, menjelaskan selain pelajaran sebagaimana di sekolah umum, hal lain yang dididik di Gurukula adalah mengajarkan  kemandirian siswa.

Karena itu ada beberapa kegiatan lain yang mewarnai keseharian siswa. Di antaranya bagaimana belajar dan berlatih bertani, beternak dan belajar kearifan lokal lain, seperti menganyam. Selain itu ada juga pelajaran Bahasa Sansekerta, Itihasa, Purana dan lainnya. “Tujuannya memang agar anak-anak menjadi pribadi yang mandiri,” ujar Arsada.

Karena model pengelolaan dan pengajaran yang khas pasraman itulah, membuat Gurukula kerapdidatangi tamu pihak luar, termasuk dari mancanegara yang ingin tahu pola pelajaran di Pasraman Gurukula. “Ya ada saja,” ujar Arsada menunjukkan buku tamu yang di antaranya tercantum nama tamu asing yang bertandang ke Pasraman Gurukula. Jumlah siswa dari berbagai jenjang saat ini di Pasraman Gurukula sebanyak 122 orang. * k17

Komentar