nusabali

Tes Hari Pertama Pelamar Baru, 687 Orang Absen

Seleksi Tenaga Kontrak Pemkab Jembrana

  • www.nusabali.com-tes-hari-pertama-pelamar-baru-687-orang-absen

NEGARA, NusaBali
Tes hari pertama pelamar baru yang ikut memperebutkan pengadaan tenaga kontrak Pemkab Jembrana 2022, dilaksanakan Jumat (17/12).

Dari total 1.657 pelamar baru yang dijadwalkan mengikuti tes, ada sebanyak 687 orang yang absen atau tidak hadir. Pelaksanaan tes hari pertama pelamar baru yang dibagi menjadi 4 sesi itu, dilaksanakan di lokasi yang sama dengan tes tenaga kontrak lama yang sempat digelar dua hari sebelumnya pada Rabu (15/12) dan Kamis (16/12). Lokasinya tersebar di 5 SMP, yakni di SMPN 1 Negara, SMPN 2 Negara, SMPN 3 Negara, SMPN 4 Negara, dan SMPN 5 Negara.

Dari pemantauan di lapangan, para peserta tes tampak didominasi kalangan anak muda dengan kisaran usia di bawah 30 tahun. Uniknya, beberapa anak muda yang mengikuti tes itu, mengaku sebelumnya mengajukan lamaran tenaga kontrak setelah menerima informasi dari keluarga mereka.

Dari beberapa peserta yang sempat ditanya mengenai di OPD mana mereka melamar tenaga kontak, mengaku tidak tahu. Berkas lamaran yang mereka buat itu ditujukan langsung kepada Bupati ataupun Wakil Bupati Jembrana. “Tidak tahu di mana nanti ditaruh. Paman yang minta buat lamaran. Kebetulan paman sebelumnya ikut jadi tim sukses,” kata salah seorang pelamar yang sempat ditemui di SMPN 3 Negara.

Sementara berdasar data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jembrana, ada 1.657 peserta yang dijadwalkan mengikuti tes pada Jumat kemarin. Namun sesuai hasil absensi kemarin, hanya ada 973 peserta yang hadir dan 687 orang sisanya tidak hadir. Sesuai jadwal, untuk tes pelamar tenaga kontrak dengan sisa 515 orang, akan berlanjut dilaksanakan Sabtu (17/12) hari ini.

Sekda Jembrana yang juga Kepala BKPSDM Jembrana I Made Budiasa saat dikonfirmasi Jumat kemarin, mengatakan banyaknya peserta yang tidak hadir itu, diduga karena memang banyak yang belum tahu tentang jadwal tes tersebut. Pasalnya data peserta yang merupakan kalangan pelamar baru itu, juga baru diterima Kamis (16/12). “Mungkin banyak yang belum tahu. Karena kita juga baru kemarin (Kamis) terima berapa data pesertanya,” ujar Sekda Budiasa.

Terkait peserta yang absen, kata Sekda Budiasa, nantinya akan dihubungi kembali dan dijadwalkan ulang. Artinya, tidak langsung digugurkan. Sama seperti peserta kalangan tenaga kontrak yang sebelumnya absen, juga dijadwalkan mengikuti tes susulan pada Sabtu (17/12) hari ini. “Nanti kita coba hubungi dulu yang tidak hadir. Kalau tenaga kontak lama yang sebelumnya tidak hadir, sudah dijadwalkan ikut tes besok (hari ini),” tutur Sekda Budiasa.

Sekda Budiasa menegaskan, dalam pelaksanaan tes tersebut, BKPSDM Jembrana hanya menjadi fasilitator. Nantinya untuk keputusan siapa saja yang diterima sebagai tenaga kontrak, diserahkan ke masing-masing OPD. “Kami hanya memfasilitasi tes. Kalau kewenangan mengangkat tenaga kontrak ada di masing-masing OPD,” ucapnya. *ode

Komentar