nusabali

Sebanyak 2.590 Tenaga Kontrak Kembali Ajukan Lamaran

  • www.nusabali.com-sebanyak-2590-tenaga-kontrak-kembali-ajukan-lamaran

NEGARA, NusaBali
Sebanyak 2.590 tenaga kontrak kembali mengajukan lamaran sehubungan adanya seleksi pengadaan tenaga kontrak Pemkab Jembrana tahun 2022.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pelaksanan tes bagi ribuan tenaga kontrak lama itu akan dilaksanakan dua hari pada Rabu (15/12) hari ini dan Kamis (16/12) besok.

Sesuai informasi yang dihimpun NusaBali, Selasa (14/12), tes bagi ribuan tenaga kontrak itu diadakan di 5 sekolah, yakni di SMPN 1 Negara, SMPN 2 Negara, SMPN 3 Negara, SMPN 4 Negara, dan SMPN 5 Negara. Total 2.590 peserta yang akan dites itu dibagi menjadi 7 sesi. Untuk hari pertama Rabu (15/12), dibagi menjadi 4 sesi dengan total 1.660 peserta. Sedangkan untuk hari kedua, Kamis (16/12), dibagi menjadi 3 sesi dengan total 930 peserta.

Plt Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jembrana I Wayan Sudiasa, saat ditemui di kantornya, Selasa kemarin, mengatakan dalam pelaksanaan tes tenaga kontrak itu, akan menggunakan komputer atau metode computer assisted test (CAT). Materi ujian meliputi tes psikologi. Penilaian hasil tes psikologi melibatkan 2 orang asesor dari internal Pemkab Jembrana. “Tesnya hanya tes psikologi. Bukan tes uji kompetensi,” ujar Sudiasa.

Kepala Bidang Pengadaan, Penataan, dan Pola Karir pada BKPSDM Jembrana Ni Putu Arie Wiryastuti yang juga salah satu asesor di Pemkab Jembrana menjelaskan, tes psikologi bertujuan memetakan potensi dan karakteristik diri. Dalam penilaian tes psikologi itu, tidak ada skor ataupun nilai berupa angka. Namun dari tes psikologi itu bisa menjadi acuan dalam menilai sifat ataupun kepribadian seseorang. “Nanti untuk keputusan memilih tenaga kontrak, tetap ada di tangan masing-masing kepala OPD (organisasi perangkat daerah). Kami dari BKPSDM sifatnya membantu memfasilitasi. Bukan dalam ranah memutuskan layak dan tidaknya,” ucap Arie.

Disinggung mengenai rencana tes serupa kepada non tenaga kontrak lama, Arie mengatakan, sampai saat ini belum ada permohonan dari OPD. Terkait 2.590 orang yang akan dites pada Rabu (15/12) dan Kamis (16/12), seluruhnya merupakan tenaga kontrak lama yang kembali mengajukan lamaran ke masing-masing OPD tempat mengabdi. “Kalau ada pelamar baru (di luar tenaga kontrak lama, Red), OPD yang tahu. Sampai sekarang belum ada OPD yang memohon difasilitasi tes untuk pelamar baru. Tetapi kalau nanti ada permohonan, kami sebagai fasilitator siap saja memfasilitasi,” ucap Arie. *ode

Komentar