nusabali

Proyek Plaza Kuliner Stage Ceningan Molor

  • www.nusabali.com-proyek-plaza-kuliner-stage-ceningan-molor

Seharusnya sesuai perencanaan, pada pertengahan Desember 2021,  progres pengerjaaan proyek mesti sudah mencapai 90 persen.

SEMARAPURA, NusaBali

Saat meninjau progres proyek ini, Minggu (12/12), Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, tampak kecewa. Proyek toilet dan plaza kuliner di Stage Ceningan, Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, molor.

Bupati Suwirta menilai, saat ini penggarapan proyek itu baru berjalan 49 persen. Seharusnya sesuai perencanaan, pada pertengahan Desember 2021,  progres pengerjaaan proyek mesti sudah mencapai 90 persen. Proyek ini dikerjakan dengan biaya Rp 1.080.086.000 dalam jangka waktu kerja 150 hari kalender.

Bupati Suwirta menugaskan jajaran Dinas Pariwisata untuk segera menindaklanjuti kemolaran proyek dan terus mengawasi dengan baik hingga selesai. Bupati menyarankan rekanan untuk segera menambah tenaga kerja dan jam kerja juga harus dengan pola maksimal. "Dinas terkait juga harus terus awasi pembangunan ini dengan sebaik-baiknya," harap Bupati Suwirta. Pihak rekanan pun siap mengikuti instruksi dari bupati tersebut.

Sehari sebelumnya, Bupati Suwirta bersama tim monev (monitoring dan evaluasi) juga meninjau progres pembangunan di Kecamatan Nusa Penida. Diantaranya, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Mata Air Segening di Desa Bunga Mekar, dengan biaya Rp 1.119.310.290,76 dalam jangka waktu 90 hari kalender. Selanjutnya, meninjau pembangunan plaza pengunjung, tempat parkir, dan jalur setapak/joging track di Pantai Batu Belek, Desa Lembongan (DAK fisik) dengan biaya Rp 5.561.570.000, dalam jangka waktu 150 hari kalender. Peninjauan juga pada pembangunan toilet, plaza kuliner di Pantai Batu Belek Lembongan (DAK fisik) dengan biaya Rp 2.038.078.336,51 dalam jangka waktu 150 hari kalender.

Terkait di Mata Air Segening, Bupati mengatakan debit air yang akan diangkat dari sumber mata air ini sebesar 4 liter/detik. Dari sumber yang berada kurang lebih 100 meter di bawah tebing akan diangkat menuju reservoar yang dibangun pada lahan yang lebih tinggi. Untuk selanjutnya dialirkan dengan metode gratifikasi ke rumah-rumah warga.

Untuk sementara akan melayani 180 KK dari dua dusun di Desa Bunga Mekar yakni Dusun Sebuluh Kawan dan Dusun Batu Gaing. Untuk Desa Bunga Mekar sendiri terdapat sekitar 1.000 KK sedangkan yang sudah mempunyai sambungan rumah sebanyak 600 KK. Bupati Suwirta berharap proses ini cepat selesai, sehingga masyarakat dapat terlayani Sumber Mata Air Segening. Selain itu, Bupati juga meminta agar PDAM dengan desa bisa berkoordinasi dengan baik untuk sistem pengelolaannya.

Untuk Pembangunan Plaza Pengunjung, Tempat Parkir dan Jalur Setapak/Joging Track di Pantai Batu Belek Lembongan, Bupati Suwirta, menyampaikan dari target yang semestinya pengerjaan mengalami kemunduran sekitar empat persen. Bupati Suwirta mengevaluasi pengerjaan yang dilakukan oleh rekanan.

Sejumlah titik yang menjadi perhatian serius bupati seperti pengerjaan pengaspalan pada pinggir GOR tempat parkir dan beberapa titik pemasang paving yang kurang rapi. Bupati Suwirta berharap dengan waktu yang masih tersisa rekanan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik tanpa mengurangi kualitas. Sedangkan Pembangunan Toilet, Plaza Kuliner dan di Pantai Batu Belek sudah berjalan baik. “Semoga proses pembangunan ini semua bisa berjalan dengan lancar dan selesai tepat pada waktunya,” harap Bupati Suwirta. *wan

Komentar