nusabali

18 Finalis Mendapat Penyematan Selempang Pro Bali Ambassador 2022

  • www.nusabali.com-18-finalis-mendapat-penyematan-selempang-pro-bali-ambassador-2022

MANGUPURA, NusaBali.com - Ajang Pro Bali Ambassador 2022 telah memasuki babak akhir. Sebanyak 18 finalis yang telah melewati babak seleksi mengikuti seremoni penyematan selempang bertempat di The Haven Suites Bali Berawa, Kuta Utara, Badung, Minggu (21/11/2021).

Untuk selanjutnya, 18 finalis yang terdiri 9 finalis putra dan 9 finalis putri, akan mengikuti proses selanjutnya yakni mengikuti pra karantina hingga 20 Desember 2021, dilanjutkan dengan booth camp (22 Desember 2021), photoshoot finalis (5 Januari 2022), karantina (12-13 Februari 2022), dan mengikuti grand final yang rencananya berlangsung pada 14 Februari 2022.

“Setelah ini mereka akan mengikuti pra karantina, yaitu berupa pembekalan-pembekalan untuk persiapan koreografi, pendidikan mereka juga kita isi, pelatihan public speaking juga kita isi, sehingga nanti mereka siap untuk berlaga di grand final Pro Bali Ambassador 2022,” terang founder Pro Bali Ambassador, Ni Putu Asteria Yuniarti, di sela-sela acara.

Syarat peserta, dijelaskan Asteria, tidak terpaku pada penampilan semata, asal memiliki kesehatan yang baik. Namun, usia peserta dibatasi mulai 17 tahun sampai 24 tahun. Selain itu, mereka diwajibkan memiliki sosial project dan sertifikat-sertifikat yang menunjukkan pengalaman.  “Di sini tidak ada syarat minimal tinggi badan ataupun bentuk badan harus proporsional,” kata Ateria.   

Lebih jauh dijelaskan, proses seleksi Pro Bali Ambassador tahun ke tujuh ini dimulai dengan dibukanya pendaftaran pada 9 September hingga 28 Oktober 2021, yang akhirnya mendapatkan sekitar 80 peserta. Mereka diminta untuk mengirim video yang berdampak positif di masa pandemi.

Setelah berhasil melewati tahapan tersebut, peserta lolos ke semifinal dan diundang untuk mengikuti tahapan wawancara. Tahap wawancara tersebut merupakan seleksi terakhir sebelum 18 finalis ditetapkan dan siap bersaing menjadi Pro Bali Ambassador selanjutnya. 

Adapun para juri yang dilibatkan berasal dari berbagai golongan yang berkompeten di bidangnya, termasuk para pakar sosial, praktisi, dan akademisi. 

Sama dengan tahun sebelumnya, pemilihan Pro Bali Ambassador tahun 2022 masih dalam situasi pandemi Covid-19. Alhasil seluruh proses seleksi dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. 


Kesulitannya adalah mengadakan pertemuan secara langsung menjadi terbatas dan pengimplementasian project-project menjadi terhambat karena adanya imbauan larangan kegiatan kerumunan.
 
Begitupun timeline kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan situasi pandemi. “Kami mensiasatinya dengan membuat pertemuan online, dan pada saat kegiatan offline kami menerapkan prokes yang ketat, sehingga kegiatan ke depannya masih terkendali dan diharapkan tidak adanya indikasi penyebaran virus di masa pandemi,” terang Asteria. 

Asteria menjelaskan, Pro Bali Ambassador merupakan ajang pageant lokal di Bali, sehingga para pemenang nantinya tidak akan mengikuti ajang lanjutan yang lebih tinggi. Namun begitu, pemenang Pro Bali Ambassador diharapkan tetap menjadi duta yang bisa menginspirasi banyak orang untuk berbagi, sesuai tagline mereka ‘Berkarya, Berbagi, dan Menginspirasi’.

“Pro Bali Ambassador bertujuan memilih putra dan putri yang memiliki jiwa untuk bisa berbagi dan peduli dengan sesama. Selama satu tahun nanti, mereka akan berkarya dan juga akan melakukan social project atau social activity sehingga bisa menginspirasi banyak orang lainnya, menginfluence banyak orang untuk bisa semakin peduli dengan apa yang ada di lingkungan sekitarnya,” ungkap Asteria.

Demikian, salah seorang finalis putra Pro Bali Ambassador 2022, AA Surya Aditya Wijaya, pun berharap para finalis nantinya dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.  

“Perasaan saya pastinya sangat senang, luar biasa, dan kita ketahui bahwa Pro Bali Ambassador merupakan suatu ajang pageant di mana berdiri dan bergerak di bidang sosial. Dan kita berharap para finalis tahun 2022 bisa lebih aktif dan bisa menjadi pelopor untuk masyarakat di luar sana,” kata Surya Aditya.

“Kesan saya luar biasa sekali, nggak nyangka banget setelah melewati seleksi yang cukup panjang sebelum ini bisa menjadi finalis Pro Bali Ambassador 2022. Harapan ke depannya semoga semua finalis bisa menjadi inspirasi banyak orang terutama kaum muda,” sambung Ni Luh Ayu Sibang Sri Padmayanti, salah satu finalis putri. *adi

Daftar Nama Finalis Pro Bali Ambassador 2022: 

Kategori putra:
- AA Surya Aditya Wijaya
- I Gusti Ngurah Permana Putra
- Dedi Setiawan
- Komang Satria Adiguna
- I Gede Krisna Bhagawanta
- I Ketut Gede Agus Surya Laksana
- Ngurah Gede Prema Wide Wedanta
- I Putu Margiana Handika Utama
- I Komang Joni Artawan

Kategori Putri:
- Ni Made Ayu Intan Merta Meisyanda 
- Kalih Moghita Jyoti
- Putu Indah Astri Dewi
- Ni Made Pradnya Jayanti Adiparamitha
- Ni Made Astini
- Kadek Eny Erlina
- Ida Ayu Agung India Amalia
- Ni Luh Ayu Sibang Sri Padmayanti
- Amanda Beta Ardelia Putri

Komentar