nusabali

Cok Ace Dorong Duta Pariwisata Promosikan Bali

  • www.nusabali.com-cok-ace-dorong-duta-pariwisata-promosikan-bali

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) membuka ajang puncak Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia Tingkat Nasional 2021, di Balai Budaya Giri Nata Mandala kawasan Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi, Badung, Sabtu (13/11) malam.

Wagub Cok Ace pun mendorong para Duta Pariwisata Indonesia untuk mempromosikan Bali, demi pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Dalam acara pembukaan ajang puncak Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia malam itu, Wagub Cok Ace didampingi Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati Berau, Kalimantan Timur, H Gamalis. Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, hadir memberikan sambutan secara tapping.

Dari ajang final malam itu, Duta Pariwisata Provinsi Bali, Anak Agung Putu Mayun Saputra, tampil sebagai pemenang ‘Duta Pariwisata Indonesia Tingkat Nasional 2021’ untuk kelompok putra. Sedangkan Duta Pariwisata Sulawesi Selatan, Andi Suci Nurul Aisyah, memenangkan kelompok putri.

Wagub Cok Ace sangat mengapresiasi pelaksanaan ajang pemilihan Duta Pariwisata Indonesia yang diinisiasi oleh Yayasan Abhiyya Parama Mavendra tersebut. Menurut Cok Ace, kegiatan ini diharapkan bisa digelar berkelanjutan.

Cok Ace pun berharap para duta pariwisata bisa menggali potensi pariwisata Indonesia, termasuk Bali, kemudian memperkenalkannya kepada masyarakat nasional dan internasional. “Tentu saja atas nama Pemerintah Provinsi Bali, saya memberikan apresiasi atas terselenggarnya acara ini, sehingga nanti bisa terpilih putra-putri terbaik bangsa yang dapat memberikan kontribusi positif membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata Indonesia hingga ke kancah internasional,” ujar Cok Ace yang juga Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bali.

Apalagi, menurut Cok Ace, Bali yang sangat tergantung dengan pariwisata sebagai sumber pendapatan terbesar, benar-benar merasakan dampak pandemi Covid-19. Perekonomian Bali yang sangat terpuruk, memerlukan berbagai terobosan agar bisa bangkit lagi, termasuk terobosan di bidang pariwisata.

“Untuk itu, kehadiran para duta pariwisata seperti ini diharapkan mampu memberikan terobosan untuk membangkitkan dunia pariwisata Bali,” tandas tokoh pariwisata asal Puri Agung Ubud, Kelurahan/Kecamatan Ubud, Gianyar yang juga mantan Bupati Gianyar 2008-2013 ini.

Cok Ace menambahkan, Pemprov Bali dengan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ terus berupaya menciptakan konsep pariwisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Pemprov Bali menekankan faktor cleanliness, safety, healthy, dan environmental sebagai konsep pariwisata. Konsep ini juga menjadi strategi dalam mempromosikan sekaligus menjaga alam dan budaya Bali.

Sementara, kepada para finalis Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia Tingkat Nasional 2021, Cok Ace memberikan semangat bahwa untuk sampai pada tahap ini, merupakan prestasi. Maka, mereka tidak perlu berkecil hati jika tak terpilih sebagai pemenang. Mereka tetap diharapkan memberikan kontribusi dalam mempromosikan pariwisata daerah masing-masing.

Paparan hampir senada juga disampaikan Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta. Dia menyampaikan kebanggaan atas dipilihnya Badung sebagai tuan rumah ajang puncak Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia Tingkat Nasional 2021. Giri Prasta pun berharap berlangsungnya puncak Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia Tingkat Nasional 2021 di Badung bisa menjadi tonggak kebangkitan pariwisata.

"Ajang ini kita harapkan bisa menjadi kebangkitan pariwisata Bali, khususnya Badung. Kami apresiasi karena kegiatan ini bisa dilaksanakan di Badung," tandas Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung yang juga Ketua DPC PDIP Badung ini.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno juga menyampaikan apresasti melalui sambutan yang disampaikan secara tapping. Sandiaga Uno menyatakan salut atas terselenggarnya ajang Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia Tingkat Nasional ini di tengah pandemi Covid-19, yang benar-benar telah memukul pariwisata. "Pandemi Covid-19 sangat berdampak dan memukul semua sektor. Ajang kegiatan Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia ini jadi kebangkitan di sektor pariwisata," kata Sandi.

Menurut Sandi, Indonesia akan menjadi tuan rumah berbagai ajang internasional, seperti World Superbike 2021 di Sirkit Mandalika NTB pertengahan November ini, Moto GP di Sirkuit Mandalika NTB pada Maret 2022, hingga tiga turnamen bulutangkis kelas dunia yang dikemas dalam tajuk Indonesia Badminton Festival 2021 di Nusa Dua pada 16 November-5 Desember depan.

“Moment-moment ini harus kita manfaatkan untuk media promosi budaya kita. Dan, para finalis Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia bisa memanfaatkan moment tersebut untuk mempromosikan agar pariwisata khususnya Bali segera pulih,” pinta Sandi. *nat

Komentar