nusabali

Legislator PDIP: Relawan Aset Elektoral yang Harus Dikelola dengan Baik

  • www.nusabali.com-legislator-pdip-relawan-aset-elektoral-yang-harus-dikelola-dengan-baik

JAKARTA, NusaBali
Meski pemilihan presiden berlangsung tahun 2024, tetapi saat ini telah bermunculan relawan-relawan calon presiden.

Padahal partai politik dari calon presiden yang mereka usung belum memutuskan siapa kandidat yang akan dipilih. Politikus PDIP Andreas Hugo Pareira menyebut relawan merupakan aset elektoral yang perlu dijaga dengan baik. Menurutnya, relawan dapat menjadi kekuatan politik untuk mendukung seorang kandidat.

“Kalau saya lihat dari pengalaman ini, relawan ini memang aset. Ini aset politik, aset elektoral yang harus di-manage dengan baik, dikelola dengan baik. Sehingga dengan demikian dia kemudian menjadi suatu kekuatan politik untuk memberikan dukungan kepada kandidat yang akan diputuskan oleh partai,” kata Andreas, dalam diskusi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dilansir detikcom, Kamis (11/11/2021).

Anggota Komisi X DPR RI itu menyebut PDIP setidaknya memiliki lebih dari satu kandidat untuk menuju Pilpres 2024. Namun, siapa yang akan diusung, ditentukan dalam proses pencalonan. Meski begitu, Andreas menyebut PDIP tidak mempersoalkan munculnya relawan-relawan.

“Banyak pertanyaan, oh sekarang ada relawan, kebetulan PDI Perjuangan ini kan punya paling tidak lebih dari satu, di dalam proses menuju 2024 kan lebih dari satu yang dinominasikan di dalam proses-proses kandidasi ini. Banyak pertanyaan, ada relawan ini, relawan ini, saya bilang itu tidak dipersoalkan,” tutur Andreas.

“Kenapa, karena semua ini adalah aset yang bagaimana kemudian kalau di-manage dengan baik akan menjadi akumulasi politik dan kekuatan yang mungkin tidak 100 persen, tapi arsiran daripada kelompok-kelompok ini menjadi suatu akumulasi politik dan menjadi daya dorong yang kuat untuk memenangkan siapa yang diusung oleh partai nantinya,” lanjut Andreas.

Andreas mengatakan pencalonan Pilpres 2024 belum dibahas sampai saat ini. Dia menegaskan keputusan itu merupakan kewenangan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Kan belum diputuskan. Kita tunggu keputusan dari ketum nanti, sekarang yang ada itu adalah aset dan kita berharap terjadi akumulasi kekuatan yang akan mendukung siapa yang akan diusung partai,” ucap legislator yang duduk di Komisi X DPR RI ini. *k22

Komentar