nusabali

Pramuka Buleleng Galang Bantuan Gempa Karangasem dan Bangli

  • www.nusabali.com-pramuka-buleleng-galang-bantuan-gempa-karangasem-dan-bangli

SINGARAJA, NusaBali
Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng melakukan penggalangan bantuan untuk musibah gempa bumi Karangasem dan longsor di Bangli, termasuk korban dampak gempa di Desa Tembok Kecamatan Tejakula.

Penggalangan bantuan bencana yang akan menyasar masyarakat di Desa Ban Kecamatan Kubu, Karangasem, Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Bangli, dan Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Buleleng dilakukan melalui aksi Bumbung Kemanusiaan. Bahkan secara spontan anggota pramuka di tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega termasuk Pembina mengumpulkan bantuan bahan makanan.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng, Ketut Susila Widiarsana disela-sela penyerahan bantuan dari Kwartir Ranting dan Gugus depan di Gedung Pramuka Kumarasthana Singaraja, Minggu (7/11),  mengatakan, pengumpulan bantuan melalui Bumbung Kemanusiaan lebih menitikberatkan pada bahan makanan sehingga mudah disalurkan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan tersebut.

“Kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut instruksi dari kwartir daerah dan kwartir nasional terkait dengan peranan pramuka dalam kebencanaan dengan melakukan penggalangan dalam bentuk bumbung kemanusiaan, jadi hari ini adik-adik kita anggota pramuka mulai siaga, penggalang, penegak pandega ditambah dari masing-masing pembina itu bersama-sama mengumpulkan bahan makanan baik itu dalam bentuk beras maupun minyak goreng kemudian mie instan yang akan kita salurkan kepada masyarakat yang terdampak,” papar Susila yang juga Kasatgas Pramuka Peduli Buleleng.

Selama dua hari aksi Bumbung Kemanusiaan dipusatkan di Gedung Pramuka Kumarasthana Singaraja telah terkumpul sejumlah bantuan bahan makanan, utamanya kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, bahkan satu ruangan di kesekretariatan telah dipenuhi dengan tumpukan bahan makanan yang menurut rencana akan diserahkan pada Minggu dan Senin ini oleh Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng dengan berkoordinasi bersama Kwartir Daerah Bali. *

Komentar