nusabali

Musim Hujan, Sungai dan Irigasi Dinormalisasi

  • www.nusabali.com-musim-hujan-sungai-dan-irigasi-dinormalisasi

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kabupaten Badung, gencarkan normalisasi sungai dan saluran irigasi.

Terlebih saat ini memasuki musim penghujan, bisa saja ada sungai maupun saluran irigasi mengalami pendangkalan, sehingga perlu pengerukan.

“Normalisasi sungai termasuk saluran irigasi ini rutin kami lakukan. Anggarannya sudah disiapkan untuk setahun,” kata Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, Rabu (3/11).

Menurut Surya Suamba, Dinas PUPR pada tahun 2021 menganggarkan Rp 20 miliar, yang dipergunakan salah satunya untuk normalisasi sungai dan saluran irigasi. Anggaran itu pula, lanjutnya, termasuk untuk pemeliharaan gorong-gorong dan pemeliharaan jalan di semua kecamatan yang ada di Badung.

Masih kata birokrat asal Tabanan itu, baik pengerjaan normalisasi sungai hingga pemeliharaan jalan dikerjakan langsung oleh tim bentukan Dinas PUPR. Tim ini tersebar di setiap kecamatan.

“Ada 6 orang di setiap kecamatan, sehingga kami pastikan penanganan cepat. Namun, kalau terjadi banjir atau luapan air di jalan yang besar, kami akan langsung bantu dengan melakukan penyedotan air,” jelas Surya Suamba.

Khusus untuk pemeliharaan jalan, lanjut Surya Suamba, sifatnya menambal jalan yang rusak atau berlubang. Biasanya pada musim penghujan seperti sekarang ada saja jalan yang berlubang, sehingga menimbulkan genangan air. Nah, tugas dari tim ini yang memelihara dan menambal.

“Biasanya jalan kalau musim hujan ini banyak yang berlubang. Makanya kami melakukan pemeliharaan rutin,” tandasnya. *ind

Komentar