nusabali

Penyelam Bersihkan Sampah di Dasar Laut Objek Wisata Amed

  • www.nusabali.com-penyelam-bersihkan-sampah-di-dasar-laut-objek-wisata-amed

AMLAPURA, NusaBali
Aksi bersih-bersih sampah di dasar laut merayakan HUT ke-30 Desa Purwa Kerthi, Kecamatan Abang, Karangasem, melibatkan 10 penyelam.

Penyelam memungut sampah di sekitar perairan Objek Wisata Amed, Banjar Amed, Desa Purwa Kerti, Sabtu (30/10) pukul 08.00-10.00 Wita.

Perbekel Purwa Kerthi I Nengah Karyawan yang meminta komunitas penyelam di Objek Wisata Amed untuk berpartisipasi merayakan HUT ke-30 Desa Purwa Kerthi, dengan cara bersih-bersih sampah plastik di dasar laut. 

“Kan di Objek Wisata Amed ada komunitas penyelam, kami minta bantu bersih-bersih sampah di dasar laut. Sebanyak 10 penyelam bersedia menjelajahi laut sambil memungut sampah. Terkumpul dua kampil (karung plastik) sampah plastik campur terumbu karang,” ujar Karyawan.

Karyawan mengatakan, puncak HUT ke-30 Desa Purwa Kerthi sebenarnya pada Kamis (28/10), tetapi rangkaian acaranya masih dilakukan, dengan menggelar beragam jenis lomba dan terakhir bersih-bersih sampah di dasar laut.

Komunitas penyelam yang dikoordinasikan I Kadek Artana, menyatakan mereka melakukan aktivitas bersih-bersih sampah di dasar laut, lengkap dengan menggunakan perlengkapan menyelam, masing-masing menggendong satu tabung udara. “Cukup lama tidak pernah menyelam karena tidak ada wisatawan yang datang. Kali ini sambil bersih-bersih sampah di dasar laut, sekalian mengecek kondisi dasar laut,” kata Artana.

Sebenarnya, menurut Artana, khusus untuk di Bali keindahan panorama bawah laut hanya ada di Objek Wisata Tulamben, Banjar/Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, dan perairan Objek Wisata Amed, Banjar Amed, Desa Purwa Kerthi, Kecamatan Abang.

Tetapi di Objek Wisata Amed lebih lengkap, ada diving, snorkeling, dan fishing. Nelayan di Objek Wisata Amed selama ini memiliki pekerjaan ganda, jika sepi musim ikan, biasanya mengantar wisatawan melakukan wisata fishing. Jika tiba musim ikan, mereka melaut. 7 k16

Komentar