nusabali

Gandeng Dinkes, OJK Bali-Nusra Gelar Vaksinasi di Pengastulan

  • www.nusabali.com-gandeng-dinkes-ojk-bali-nusra-gelar-vaksinasi-di-pengastulan

SINGARAJA, NusaBali
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VIII Bali dan Nusa Tenggara (Nusra), menggandeng Dinas Kesehatan Provinsi Bali, menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 massal di Desa Pengastulan, Kecamatan Seririt, Buleleng, Jumat (1/10) pagi.

Vaksinsinasi ini hasil kolaborasi OJK dengan Karang Taruna Puspita Samudra, Desa Pengastulan, disertai kegiatan pembagian bantuan paket sembako. Vaksinasi menyasar 377 orang terdiri dari ibu hamil, lansia, penyandang disabilitas dan anak-anak 12 tahun ke atas. Vaksin yang diberikan merupakan vaksin jenis Sinovac, Astrazeneca, dan Sinopharm. Hasilnya sebanyak 242 orang berhasil divaksin. Sementara sebanyak 22 orang belum bisa diberikan vaksin karena kondisi kesehatan yang belum memungkinkan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Suarjaya mengatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 menyasar desa-desa merupakan upaya percepatan vaksinasi untuk seluruh masyarakat Bali. Hingga saat ini dari  sebanyak 3,4 juta  penduduk Bali yang divaksin sudah mencapai 97 persen. Angka tersebut menurut dr Suarjaya sudah sangat bagus untuk tingkat Provinsi.

Namun sayang, angka capaian tersebut terbanyak ada di perkotaan. Sementara di pedesaan capaian vaksinnya masih cukup rendah.

"Seperti di Desa Pengastulan, capaian baru 60 persen. Umumnya kendala ada pada para lansia yang belum divaksin, kemungkinan ini akibat kurangnya informasi atau mereka tidak diajak untuk vaksin atau kesulitan mendatangkan para lansia maupun kelompok disabilitas ke tempat vaksinasi," ujar dr Suarjaya.

Dengan kondisi itu, pihaknya mengaku melakukan strategi jemput bola agar para lansia maupun penyandang disabilitas dapat tersentuh vaksin Covid-19. Salah satunya, dengan menggandeng kelompoknya anak muda Karang Taruna Puspita Samudra Desa Pengastulan agar dapat menjemput para lansia maupun warga masyarakat untuk diberikan vaksin.

Pihaknya pun mendorong upaya vaksinasi serupa dengan jemput bola serta menggandeng kelompok karang taruna digelar di tempat lain. "Kalau semua desa bergerak seperti ini saya yakin dalam waktu singkat Buleleng ini tidak hanya di satu kota saja tinggi tetapi sampai pedesaan," pungkas dr Suarjaya.

Kepala OJK Regional VIII Bali dan Nusa Tenggara Giri Tribroto mengatakan, Presiden Joko Widodo menugaskan OJK untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi agar bisa membentuk herd immunity atau kekebalan tubuh sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di masyarakat. "Total kegiatan vaksin yang sudah OJK lakukan lebih dari 25 ribu vaksin di seluruh kabupaten kota di Bali," singkatnya. *mz

Komentar