nusabali

Uji Coba, Anak-anak Boleh Masuk Mal

  • www.nusabali.com-uji-coba-anak-anak-boleh-masuk-mal

JAKARTA, NusaBali
Pemerintah akan melakukan uji coba membuka mal untuk anak usia di bawah 12 tahun.

"Uji coba pembukaan mal bagi anak-anak di bawah usia kurang 12 tahun dengan pengawasan pendampingan orang tua," ujar Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam press conference, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (20/9).

Luhut mengungkap uji coba ini dilakukan di Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta dan Surabaya. Selain itu, dalam perpanjangan PPKM yang baru, restoran yang berada di outdoor diizinkan beroperasi 50 persen.

Luhut menegaskan bahwa anak-anak di bawah 12 tahun wajib didampingi oleh orang tua saat masuk mal. Selain itu orang tua juga harus terus mengawasi anaknya.

Pemerintah melakukan penyesuaian tersebut karena melihat kasus COVID-19 yang terus menurun. Pengendalian pandemi ini juga menurut Luhut sudah sesuai dengan arahan WHO.

Tak sampai di situ, pemerintah juga melakukan penyesuaian terhadap syarat masuk bioskop. Mulai minggu ini kategori dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk bioskop ditambah, dari hanya hijau ditambah menjadi kuning.

"Pembukaan bioskop kapasitas maksimal 50% di kota level 3 dan 2, dengan aplikasi PeduliLindungi dan prokes ketat, kategori kuning hijau boleh masuk, tadinya hijau saja sekarang kuning," tuturnya dikutip dari detikcom.

Sebagai informasi, pemerintah resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berdasarkan level di Pulau Jawa-Bali selama dua pekan.

Namun, Luhut menyatakan dalam perpanjangan tersebut tak ada lagi daerah dengan level 4 pada pelaksanaan PPKM Jawa-Bali.

"Dari berbagai perbaikan, tidak ada lagi kabupaten/kota di level 4 di Jawa Bali. Semua pada level 3-2," ujarnya.

Pemerintah menyatakan akan terus menerapkan PPKM di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali selama virus corona belum sepenuhnya hilang. Penerapan PPKM di Jawa-Bali akan dievaluasi tiap satu pekan dan di luar Jawa-Bali tiap dua pekan sekali. Luhut mengatakan PPKM akan selamanya menjadi instrumen pemerintah dalam pengendalian Covid-19 di Tanah Air.

"Seiring dengan COVID-19 makin baik dan penggunaan PeduliLindungi berjalan, ada penyesuaian yang dilakukan minggu ini. Akan dilakukan uji coba anak di bawah 10 tahun masuk ke mal," ucapnya, Senin (20/9). *

Komentar