nusabali

Objek Wisata Taman Ayun Masih Tutup

Belum Melengkapi Aplikasi PeduliLindungi

  • www.nusabali.com-objek-wisata-taman-ayun-masih-tutup

MANGUPURA, NusaBali
Sejumlah pantai di Badung sudah dibuka dan menerima kunjungan wisatawan.

Namun, objek wisata Taman Ayun yang berada di Kecamatan Mengwi hingga saat ini masih tutup, meski telah ada kebijakan uji coba pembukaan objek wisata di Provinsi Bali. Belum dibukanya objek wisata tersebut karena belum mengantongi persyaratan, yakni belum dilengkapi aplikasi PeduliLindungi.

“Secara resmi kami belum menerima surat dari Dinas Pariwisata Badung, kalau SE dari Gubernur Bali kami sudah terima. Kami sudah komunikasi dengan Dinas Pariwisata untuk segara dapat ditindaklanjuti. Selain itu, kami juga belum ada izin dari Penglingsir Puri Ageng Mengwi Ida Anak Agung Gde Agung,” ujar Manajer Operasional Objek Wisata Taman Ayun I Made Suandi, Senin (13/9).

Suandi mengatakan, selain kelengkapan aplikasi PeduliLindungi, sejatinya objek Wisata Taman Ayun sudah sangat siap menerima kunjungan. Pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) sesuai arahan dari pemerintah. Taman Ayun juga telah mengantongi sertifikat Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE). “Kami sebenarnya sudah siap menerima kunjungan,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Plt kepala Dinas Pariwisata Cokorda Raka Darmawan mengatakan, saat ini aplikasi PeduliLindungi digunakan sebagai syarat wisatawan masuk berwisata. Pihaknya pun mengaku objek wisata Taman Ayun sedang dalam persiapan untuk memiliki kelengkapan tersebut.

“Sudah disiapkan (aplikasi PeduliLindungi, Red). Saat sudah dilengkapi, maka objek wisata dapat dibuka. Dari kesiapan lainnya, sudah sangat siap menerima kunjungan,” kata Cok Darmawan.

Sebelumnya diberitakan, merujuk pada Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19 Dalam Tatanan Ehidupan Era Baru di Provinsi Bali, seluruh daya tarik wisata (DTW) yang ada di Kabupaten Badung dapat diuji coba. Namun, dengan kapasitas 50 persen pengunjung. Di Badung ada enam DTW yang sudah bekerjasama dengan pemerintah. Di antaranya Objek Wisata Sangeh (Abiansemal), Taman Ayun (Mengwi), Uluwatu (Kuta Selatan), Pandawa (Kuta Selatan), Labuan Sait (Kuta Selatan), dan Air Terjun Nungnung (Petang). *ind

Komentar