nusabali

Eceng Gondok Serbu Perairan Tuban

  • www.nusabali.com-eceng-gondok-serbu-perairan-tuban

MANGUPURA, NusaBali
Eceng gondok menepi di perairan kawasan Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung. Selain mengepung tempat penambatan perahu nelayan, eceng gondok juga masuk ke area Eko Wisata Mangrove Kampoeng Kepiting.

Salah seorang warga sekitar, I Komang Berlian Putra Sumasa, mengatakan serbuan eceng gondok memang sering terjadi saat peralihan musim, dari kemarau ke penghujan. Eceng gondok tersebut terbawa air hujan yang datang dari hulu. “Sudah sering, kelompok nelayan juga sudah komplain, tapi sama saja,” katanya, Jumat (10/9).

Akibat serbuan eceng gondok itu membuat masyarakat yang biasanya memancing di loloan pantai timur Tuban terpaksa berbalik arah. Pasalnya, tanaman eceng gondok menutupi lokasi tempat mereka memancing. Meski masih ada masyarakat yang coba memancing ditengah serbuan eceng gondok. Namun sama sekali tidak mendapatkan ikan.

Terkait penanganan eceng gondok itu, Koordinator Deteksi Evakuasi Sampah Laut (Desalut) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Badung I Made Gede Dwipayana, membenarkan keberadaan eceng gondok tersebut. Namun, dia menegaskan kewenangan tidak lagi di Dinas LHK Badung, melainkan di pemerintah provinsi. “Dahulu memang kami yang bersihkan, tapi tiga tahun terakhir kewenangan ada di provinsi,” tandasnya. *dar

Komentar