nusabali

Pasien Covid-19 Nusa Penida Isoter di Homestay Batununggul

  • www.nusabali.com-pasien-covid-19-nusa-penida-isoter-di-homestay-batununggul

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung kini menyiapkan tempat isolasi terpusat (isoter) untuk pasien Covid-19 berstatus OTG-GR (orang tanpa gejala-gejala ringan).

Isoter akan dilakukan pada sebuah homestay di Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida. Bangunan ini berkapasitas 8 kamar.  Hal itu terungkap saat Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memantau rencana penyiapan lokasi isoter pasien Covid-19, di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Minggu (15/8).

Bupati Suwirta mengharapkan partisipasi para pemilik penginapan agar bersedia membantu pemerintah. Bentuknya, menyediakan tempat isoter tersebut. "Untuk penyiapan isoter ini, saya sudah koordinasikan dengan desa dinas dan desa adat di Desa Batununggul," ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini berharap masyarakat kooperatif membantu pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19. Dalam hal ini agar masyarakat yakin bahwa apa yang dilakukan pemerintah demi kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Klungkung, Bupati Suwirta mengharapkan kepada pasien positif Covid-19 di Nusa Penida yang tidak memerlukan keperluan khusus, seperti memiliki anak kecil ataubayi, agar dapat melakukan isoter yang disediakan Satgas Covid-19 Kecamatan Nusa Penida. "Sedangkan bagi pasien positif Covid-19 yang berkebutuhan khusus, dapat melaksanakan isolasi mandiri di rumah secara disiplin dengan pengawasan ketat," kata Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga meninjau salah satu pasien yang melakukan isolasi mandiri, yakni pasangan suami istri (pasutri) Dewa Sayang - Dewa Ayu Sri Purwaningsih, di Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida. Pasutri ini melakukan isolasi secara mandiri karena memiliki anak kecil. "Isolasi mandiri agar dilakukan secara disiplin," ujar Bupati Suwirta.

Bupati juga mengunjungi RSUD Gema Santi Nusa Penida dan meminta RSUD agar berkoordinasi dengan Tim Satgas di Kecamatan Nusa Penida. Kunjungan melibatkan unsur TNI dan Polri itu untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat Di Nusa Penida, terkait bahaya Covid-19. Rombongan ini juga memberikan pengertian pentingnya mengikuti isolasi terpusat.

Kata Bupati, isoter tidak hanya mempermudah memberikan layanan kepada pasien covid-19. Tak kalah penting, dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat lebih luas, dari bahaya penularan dan mempercepat memutus penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 Klungkung, bersama Polri dan TNI menjemput 20 pasien Covid-19 OTG untuk menjalani isoter pada salah satu hotel di Denpasar, Jumat (13/8) sore. Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana menjelaskan ada 20 pasien OTG yang dijemput untuk isolasi terpusat ini. Tujuannya, untuk mempermudah pemantauan kondisi kesehatan dan mengurangi kontak erat dengan keluarga lain. "Dengan isoter ini, maka laju penyebaran Covid-19 bisa ditekan," kata Kapolres AKBP Dhanuardana. *wan

Komentar