nusabali

Bupati Suwirta Tekankan Update Data Covid-19

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tekankan-update-data-covid-19

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung tak mau main-main dengan data kasus terkonfirmasi Covid-19.

Oleh karena itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menekan agar Satgas Penanganan Covod-19 Kabupaten Klungkung terus mengupdate (memperbaharui) data perkembangan kasus pandemi setap hari.

Hal itu ditekankan Bupati Suwirta saat memimpin rapat penanganan Covid-19 di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (10/8) pagi. Ditegaskan, keakuratan dan update data merapakan hal mutlak dalam penangan pandemi.

Selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klungkung, Bupati Suwirta menugaskan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung, mengambil langkah-langkah. Salah satunya menjalin kerja sama dengan instansi terkait  agar proses update data Covid-19 dapat berjalan dengan baik. Selain itu, Command Center Pemkab Klungkung juga agar dapat dijadikan tempat pemusatan pengolahan data. Sehingga Forkopimda  Klungkung dan masyarakat dapat mengetahui data secara update.

“Jangan sampai menunggu keesokan hari dalam memasukkan data tersebut. Apabila selesai hari ini,  maka hari ini pula data tersebut diupdate,” pinta Bupati Suwirta.

Terkait penanganan pandem secara kolaboratif, Bupati Suwirta menugaskan semua pemegang sektor, antara lain sektor bantuan, rumah sakit, dan lainnya, membuat laporan tersendiri. Lanjut data laporan  itu dimasukkan ke dalam pengolahan data di Command Center. "Dengan itu, tidak perlu menunggu rapat yang hanya untuk mengetahui data tersebut," tegas Bupati Suwirta.

Terkait vaksinasi, Bupati Suwirta menugaskan perangkat desa adat dan dinas agar proaktif bekerja sama dengan vaksinator dalam vaksinasi kepada masyarakat di desa masing-masing. Sehingga vaksinasi tahap II, vaksinator bisa menyiapkan jumlah vaksin sesuai jumlah data peserta dan tidak lagi ada estimasi jumlah warga yang akan divaksin.

Sebagaimana diketahui, terkaiat kelanjutan pelaksanaan PPKM pasca level 4, PHDI Provinsi Bali dan Majelis Desa Adat Provinsi Bali mengeluarkan surat ederan terbaru. Isinya, terkait pembatasan pelaksanaan upacara Panca Yadnya dalam masa Gering Agung Covid-19 di Provinsi Bali.  Bupati Suwirta berharap PHDI dan MDA Kabupaten Klungkung dapat membangkitkan kembali semangat menjalankan Prokes Covid-19 krama di masing-masing desa adat di Klungkung. Bupati minta agar pengumuman dan pengawasan di tempat-tempat keramaian, seperti pasar dan warung terus digaungkan. Pengelolaan kremasi di Kabupaten Klungkung agar tetap mentaati standar prokes Covid-19. Prokes ketat ini bagi bagi petugas kremasi dan   keluarga yang melaksanakan upacara. “Mari kita berpikir positif mengenai imbauan yang dikeluarkan dalam rangka memutus penularan Covid-19,” ajak Bupati Suwirta.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokompinda), PHDI dan MDA Kabupaten Klungkung, serta instansi terkait. *wan

Komentar