nusabali

Disdikpora Buleleng Siapkan Paskibraka

  • www.nusabali.com-disdikpora-buleleng-siapkan-paskibraka

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 10 orang siswa SMA/SMK di Buleleng ditetapkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada Hari Kemerdekaan RI ke-76 Selasa (17/8) mendatang.

Paskibraka ini ditetapkan setelah menjalani seleksi di tingkat kabupaten sejak April 2021 lalu. Persiapan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dilakukan di halaman Kantor Bupati Buleleng, Selasa (10/8) sore kemarin. Paskibraka mulai melakukan latihan sejak Kamis (5/8) lalu. Mereka dilatih dan dimatangkan oleh dua pelatih dari anggota Polres Buleleng dan dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Buleleng.

Kepala Seksi Pemuda Disdikpora Buleleng Trisnayanti yang mendampingi latihan kemarin mengatakan, seleksi Paskibraka tahun ini diikuti oleh 33 orang siswa SMA/SMK di Buleleng. Puluhan peserta seleksi kemudian diciutkan menjadi 10 orang terbaik sesuai penilaian pelatih.

“Nanti yang akan menjadi pasukan pengibar bendera tahun ini kita turunkan 9 orang, 1 orang sebagai cadangan. Ada kelonggaran dibandingkan tahun lalu yang hanya dilakukan oleh tiga orang saja,” ucap Trisnayanti.  Pasukan 10 orang ini akan ditugaskan pada saat pengibaran dan penurunan bendera.

Menurut Trisnayanti, untuk menyiapkan paskibraka tahun ini menghadapi sejumlah kendala. Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat waktu latihan lebih pendek. “Sekarang waktu latihannya mepet sekali. Tahun-tahun sebelumnya biasanya minimal anak-anak latihan non stop 20 hari menjelang hari H. Sedangkan tahun ini hanya dapat waktu latihan kurang dari dua minggu,” imbuh dia.

Kondisi ini pun membuat pelatih harus bekerja keras dan pasukan yang terpilih lebih ulet dan tekun memaksimalkan waktu latihan. “Ini anak-anak kan baru semua, kemarin saat seleksi baru PBB (Peraturan Baris Berbaris,red)  secara umum. Perlu latihan menyesuaikan haluan dan keseragaman,” jelas Trisnayanti.

Sementara itu, seleksi Paskibraka tahun ini satu orang perwakilan Kabupaten Buleleng lolos Paskibraka Provinsi Bali. Dia yakni Kadek Riko Artawan, siswa kelas X SMA Taruna Mandara. Riko akan bergabung dengan pasukan lain untuk mulai berlatih di provinsi pada Kamis (12/8) ini. *k23

Komentar