nusabali

Tetap Berdaya di Tengah Pandemi, ST Mekar Jaya Adakan Kegiatan Sosial

  • www.nusabali.com-tetap-berdaya-di-tengah-pandemi-st-mekar-jaya-adakan-kegiatan-sosial

MANGUPURA, NusaBali.com – Merespons situasi pandemi yang tak kunjung usai, Sekaa Teruna (ST) Mekar Jaya, Banjar Babakan Kangin, Desa Gulingan, Kabupaten Badung, menggelar kegiatan sosial di lingkungan desa, pada Minggu (8/8/2021).

Adapun kegiatan sosial yang dilaksanakan, yakni pembagian perlengkapan sekolah, pembagian pohon dan pembuatan biopori di lingkungan desa. I Made Suartana yang merupakan Ketua ST Mekar Jaya mengatakan bahwa, aksi pembuatan biopori dan penanaman pohon yang telah terlaksana, merupakan wujud bakti serta kepedulian terhadap lingkungan, serta implementasi salah satu konsep hidup masyarakat Hindu di Bali yakni Tri Hita Karana . “Dalam Tri Hita Karana, diketahui terdapat konsep Palemahan, yakni menjalin hubungan baik dengan lingkungan, agar terciptanya situasi dan kondisi yang harmonis,” ujarnya.


Dirinya pun menyebutkan bahwa telah membuat lubang biopori sebanyak total 50 buah, yang tersebar di beberapa titik Pura Desa Gulingan, lalu telah memberikan tanaman pohon cempaka kepada warga Banjar Babakan Kangin, sebanyak 500 pohon cempaka. “Sebagai umat Hindu di Bali, setiap kegiatan atau upacara adat pasti membutuhkan sarana bunga, maka dari itu pada aksi ini memilih pohon cempaka untuk dibagi bagikan. Selain ke rumah-rumah warga, beberapa pohon cempaka juga turut di tanam pada areal Pura Desa Gulingan,” ujarnya.

Lebih lanjut Suartana pun menyebutkan, bahwa pada masa pandemi seperti ini, hendaknya masyarakat tetap peduli terhadap keadaan lingkungan hidup di sekitarnya. “Karena dengan turut menjaga kelestarian lingkungan, maka akan turut menjaga kesehatan makhluk hidup di dalamnya,” tuturnya.

Tidak hanya itu saja, ST Mekar Jaya juga melaksanakan edukasi kesehatan serta pembagian perlengkapan sekolah yang bertempat di SD 2 Gulingan, dan menyasar siswa berprestasi di SD 2 Gulingan. “Terdapat total 15 orang peserta sosialisasi kesehatan di masa pandemi, serta yang mendapat bantuan perlengkapan sekolah. Siswa tersebut merupakan juara 1,2 dan 3 pada masing-masing kelas 2 hingga kelas 6,” jelas Suartana.

Adapun perlengkapan sekolah yang dibagikan meliputi, buku, tas, sepatu. Pada saat sosialisasi edukasi kesehatan, ST Mekar Jaya kembali mengingatkan kepada siswa SD yang merupakan generasi penerus bangsa, agar peduli dengan lingkungan sekitar terutama taat menerapkan prokes di masa pandemi. Sejalan dengan hal tersebut, ST. Mekar Jaya turut memberikan beberapa jumlah masker kepada siswa terkait.

Suartana pun menuturkan, tujuan diadakannya penyerahan bantuan perlengkapan sekolah kepada para siswa SD, untuk tetap menjaga semangat belajar anak-anak tersebut, meskipun di dalam masa pandemi.

Suartana pun berharap, agar kegiatan sosial yang telah dilaksanakan, dapat memberikan manfaat baik kepada lingkungan, maupun manfaat terhadap para generasi penerus Desa Gulingan. “Mudah-mudah pandemi segera berakhir, agar keadaan kembali menjadi kondusif, aman dan dapat berkegiatan seperti normal kembali,” tutupnya. *rma

Komentar