nusabali

Penyelam Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Penimbangan

  • www.nusabali.com-penyelam-kibarkan-merah-putih-di-bawah-laut-penimbangan

SINGARAJA, NusaBali
Penyelam yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Penimbangan Lestari melaksanakan pengibaran bendera merah putih di bawah laut Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Minggu (8/8) pagi.

Kegiatan yang dilakukan tersebut sebagai upaya menyebarkan spirit kemerdekaan di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Ketua Pokmaswas Penimbangan Lestari, I Gede Wiadnyana mengungkapkan, aksi pengibaran kegiatan ini dilakukan 10 orang penyelam dari Pokmaswas Penimbangan Lestari yang dia koordinir. Pengibaran bendera merah putih di bawah laut dilakukan menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Proses penyelaman dilakukan mulai pukul 09.00 Wita hingga 10.30 Wita.

Kata Wiadnyana, pengibaran bendera dilakukan di kedalaman sekitar 10 meter di bawah permukaan laut. "Kami mengibarkan 11 bendera merah putih di bawah laut. 10 bendera dibawa oleh masing-masing penyelam, dan 1 bendera besar dikibarkan bersama," jelasnya.

Setelah pengibaran selesai, para menyelam juga melakukan aksi bersih sampah plastik di bawah laut. Sebelum kegiatan itu, Pokmaswas Penimbangan Lestari juga melakukan pelepasan 100 ekor tukik atau bayi penyu ke laut lepas. Tukik tersebut merupakan hasil penangkaran yang dilakukan Pokmaswas Penimbangan Lestari. Pelepasan tukik dan aksi bersih-bersih sampah plastik itu bertujuan menjaga ekosistem tukik dan bawah laut di Pantai Penimbangan tetap lestari.

Sementara itu, Perbekel Baktiseraga Gusti Putu Armada yang ikut dalam kegiatan tersebut menyampaikan peringatan HUT RI kali ini memang berbeda karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Meski demikian tidak mengurangi makna kegiatan yang digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. "Tujuannya adalah untuk menyebarkan spirit kemerdekaan di tengah pandemi Covid-19 yang belum selesai," singkatnya. *mz

Komentar