nusabali

Penumpang Kedatangan Internasional Perlahan Meningkat

  • www.nusabali.com-penumpang-kedatangan-internasional-perlahan-meningkat

Pasca-penutupan sementara penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, jumlah penumpang kedatangan internasional lesu.

MANGUPURA, NusaBali
Penurunan jumlah penumpang itu mencapai lebih dari 50 persen. Namun setelah hampir sepekan penerbangan dibuka secara normal, jumlah penumpang kedatangan internasional perlahan mulai meningkat setiap harinya.

Data yang diperoleh dari Humas Bandara Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim, Senin (4/11), jumlah kedatangan internasional dan domestik kini perlahan menuju ke arah positif. Arie memaparkan jumlah penumpang kedatangan internasional pada 2 Desember sebanyak 4.467 orang. Pada 3 Desember meningkat menjadi 5.192 orang.

“Sebelumnya jumlah penumpang keberangkatan internasional lebih dari kedatangan, perlahan sudah meningkat. Pada 2 Desember jumlah penumpang keberangkatan internasional sebanyak 8.892 orang dan kedatangan 4.467. Pada 3 Desember jumlah keberangkata internasional sebanyak 10.709 orang dan kedatangan sebanyak 5.192 orang,” kata Arie.

Arie memaparkan hingga Oktober 2017 jumlah wisatawan manca negara yang datang ke Bali melalui Bandara Ngurah Rai tercatat mencapai 5.235.467 orang. Jumlah ini mendekati target kunjungan wisatawan ke Bali yakni 5,5 juta wisman.

Jumlah kunjungan terbanyak berasal dari China dan berada di urutan kedua adalah Australia. Jumlah wisatawan China hingga Oktober mencapai 1.289.020 orang atau 24 persen dari total kunjungan. Sementara wisman Australia sebanyak 925.583 orang atau 17,68 persen dari total kunjungan.

“Melihat adanya peningkatan jumlah kedatangan internasional di Ngurah Rai kami optimis akan mencapai target kunjungan tahunan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Hingga bulan Oktober telah mencapai 95,2 persen dari total target 5,5 juta wisman. Ini data yang telah kami kumpulkan sejak Januari hingga akhir Oktober 2017,” ungkapnya.

Terkait masih banyaknya penerbangan yang cancel, terutama penerbangan internasional, Arie mengatakan optimistis perlahan akan kembali normal. Total penerbangan yang cancel pada 4 Desember sebanyak 56 penerbangan. Sebanyak 15 penerbangan kedatangan domestik dan 9 keberangkatan domestik. Sebanyak 17 kedatangan internasional dan 15 keberangkatan internasional. “Saya tegaskan lagi cancel itu bukan karena erupsi Gunung Agung. Data dari berbagai pihak yang kami peroleh, Ngurah Rai layak untuk penerbangan,” tandas Arie. *p

loading...

Komentar