nusabali

Pengawas SD Sabet Perunggu Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Kemendiknas

  • www.nusabali.com-pengawas-sd-sabet-perunggu-lomba-karya-tulis-ilmiah-nasional-kemendiknas

Pengawas Sekolah Dasar (SD) Disdikpora Kecamatan Rendang, Karangasem, Ngakan Putu Suarjana, berhasil meraih medali perunggu dalam lomba karya tulis ilmiah yang digelar Kemendiknas, pada 18–20 Mei 2017 di Jakarta.

AMLAPURA, NusaBali

“Astungkara sungguh menyenangkan, walau hanya di peringkat ketiga nasional,” kata Ngakan Suarjana, di Amlapura, Senin (22/5). Medali perunggu tersebut, menurut Ngakan Suarjana, merupakan pencapaian tertinggi selama kariernya. Tahun lalu hasil karyanya juga masuk final, tetapi belum beruntung.

Sementara peraih emas di lomba tersebut adalah Nurmaherawati, pengawas SD dari Palembang. Dan peraih perak adalah Titi Purwanti, pengawas dari Malang, Jawa TImur. Ngakan Suarjana mengaku melakukan penelitian selama Agustus 2015 hingga Desember 2016, dengan karya tulis berjudul, ‘Implementasi Superklinkoldu untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sasaran Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kecamatan Rendang’. Isi karya tulisnya menyangkut supervisi.

Gelar tersebut juga menurut pendidik dari Banjar Pande, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, itu membuat dirinya termotivasi untuk membina sekolah terutama kalangan pendidik yang lebih baik. Sehingga pendidikan di Kecamatan Rendang lebih maju dan berkualitas.

Ngakan Putu Suarjana mengawali kariernya sebagai guru di SD Negeri 2 Tista, Kecamatan Abang 1997-2002, SD Negeri 5 Pempatan, Kecamatan Rendang 2002-2012, Kepala SD Negeri 6 Besakih, Kecamatan Rendang 2012-2013, dan pengawas SD sejak Juli 2013.

Latar belakang pendidikannya, SD Negeri 3 Nongan 1987, SMPN 1 Rendang 1990, SMAN Rendang 1993, Diploma II PGSD  (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) STKIP Negeri Singaraja 1995, S1 Universitas Mahasaraswati Denpasar 2002, dan S2 Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja 2009.

Sedangkan finalis Ni Made Sumerti, pengawas SD Disdikpora Kecamatan Abang, dari Banjar Muntigunung, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, hanya meraih peringkat kelima dari enam finalis. *k16

Komentar