nusabali

De Bruyne-Hazard Jadi Tumbal

Depak Portugal, Belgia Tantang Italia

  • www.nusabali.com-de-bruyne-hazard-jadi-tumbal

Kevin de Bruyne mengalami masalah pada pergelangan kaki. Dia bahkan tidak bisa berputar pada babak kedua. Sedangkan Eden Hazard punya problem pada otot. Tapi kami harus menunggu diagnosis lebih lanjut.

SEVILLA, NusaBali

Kevin De Bruyne dan Eden Hazard menjadi 'tumbal sukses Belgia tembus perempatfinal Euro 2020, usai mengalahkan Portugal 1-0, di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol, Senin (28/6) dinihari WITA. Dua pemain pilar tersebut cedera, bahkan De Bruyne ditarik keluar lapangan pada awal babak kedua. Sedangkan Hazard menyusul di penghujung babak kedua.

Fakta tersebut mengancam keduanya bisa absen pada laga kontra Italia pada perempatfinal Euro 2020 di Allianz Arena, Munich. Pelatih Belgia Roberto Martinez mengakui cederanya De Bruyne dan Hazard. Kini dia hanya menunggu pemeriksaan lebih lanjut terkait kondisi kedua pemain tersebut. Namun Martinez mengatakan, masih terlalu dini mengatakan apa yang harus diperbuat timnya.

"Buat Kevin, dia mengalami masalah pada pergelangan kaki. Dia bahkan tidak bisa berputar pada babak kedua. Sedangkan Eden punya problem pada otot. Tapi kami harus menunggu diagnosis lebih lanjut (apakah kedua pemain dapat tampil lawan Italia)," kata pelatih asal Spanyol itu.

Sementara soal kunci kemenangan atas Portugal di 16 besar Euro 2020 yang lebih banyak memiliki peluang, Martinez menyebut para pemain Belgia bertahan dengan sangat baik. Dia menilai timnya menunjukkan konsentrasi yang luar biasa dan bertahan dengan sangat baik. Martinez senang timnya mampu mengendalikan permainan dan bertahan dengan baik,

"Kami mencetak gol yang sangat bagus dan kemudian di babak kedua, seperti yang Anda harapkan, momentumnya lebih mengarah ke Portugal. Kami harus menunjukkan mentalitas yang luar biasa. Semuanya tentang aspek-aspek disiplin taktis dan sangat cerdik,"kata Martinez.

Ya, Belgia memastikan Portugal gagal mempertahankan gelar juara Piala Eropa seusai menghentikan langkah tim juara bertahan itu di 16 besar Euro 2020. Gol tunggal Belgia dicetak Thorgan Hazard dan menjadi penentu kemenangan 1-0. Belgia ke perempatfinal dan akan bertemu Italia yang sudah lebih dulu melangkah setelah melewati hadangan Austria.

Portugal sebetulnya tampil lebih agresif sejak start dan melancarkan beberapa serangan berbahaya, termasuk pada menit keenam saat Diogo Jota menerima umpan Renato Sanches, namun tembakannya melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-25, tendangan bebas Cristiano Ronaldo digagalkan kiper Thibaut Courtois. Belgia perlahan-lahan mampu membangun serangan yang lebih baik dan nyaris memimpin pada menit ke-37 saat Thomas Meunier melepaskan tembakan melengkung. Kebuntuan akhirnya pecah saat Thorgan Hazard menerima umpan de Bruyne, melakukan satu sentuhan sebelum menyelesaikannya dengan memperdaya kiper Rui Patricio dan membuka keunggulan Belgia.

Tertinggal satu gol Portugal lebih agresif membangun serangan di babak kedua. Beberapa kali Ronaldo mengirim umpan ke kotak penalti Belgia. Namun penyelesaian para penyerang Portugal kurang bagus dan beberapa kali digagalkan Courtois, yang tampil cemerlang saat itu. *

Komentar