nusabali

Sekaa Gambuh Bajra Jnana Siap Pentas di PKB

  • www.nusabali.com-sekaa-gambuh-bajra-jnana-siap-pentas-di-pkb

AMLAPURA, NusaBali 

Sekaa Gambuh Bajra Jnana, Banjar Triwangsa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Karangasem siap pentas di panggung PKB (Pesta Kesenian Bali) XLIII, Gedung Natia Mandala ISI Denpasar, Senin (21/6).

Sekaa ini diperkuat 20 penari dan 15 penabuh. Mereka telah menjalani latihan intensif setiap Minggu di wantilan Pura Dalem, Desa Budakeling. Penari dibina oleh Ida Ayu Karang Adnyani Dewi dan penabuh dibimbing Ida Wayan Oka Adnyana. 

Ida Ayu Karang Adnyana Dewi mengungkapkan, latihan hanya menyetel dialog dan tari agar seirama dengan tabuh. “Para penarinya telah berpengalaman, namun tetap melakukan persiapan secara matang. Sebab secara psikologis merasa beban karena akan ditonton para pakar seni, ada profesor, ada dosen ISI, pengamat, dan lain-lain,” ungkap Dayu Adnyana Dewi saat ditemui saat latihan di wantilan Pura Dalem Budakeling, Minggu (30/5).

Penari Ida Made Basmadi mengatakan secara teknis tidak ada kendala, hanya menyetel dialog dan gerak tari. Para penari lebih bersemangat latihan karena para sesepuh penari gambuh juga terjun memberikan arahan, berikan contoh cara menari yang baik, dan berdialog yang baik pula. Penari sepuh yang turut membina yakni Ida Wayan Jelantik Oka dan I Made Degung. “Masih ada waktu melakukan persiapan untuk memantapkan dialog, mengoptimalkan gerak tari agar seirama dengan tabuh,” kata Ida Made Basmadi.

Menurut Ida Wayan Oka Adnyana para penabuh juga siap pentas. “Penari, dan penabuh kompak karena telah sering latihan, lagi pula telah biasa latihan bersama di Pasraman Bajra Jnana,” jelas Ida Wayan Oka Adnyana. Pimpinan Sekaa Gambuh Bajra Jnana, Ida Ayu Santhi Adnyani Dewi, juga turut menari sehingga penari lebih kompak. *k16

Komentar