nusabali

Pilkaling di Tegal Cangkring, Jembrana Gunakan e-Voting

  • www.nusabali.com-pilkaling-di-tegal-cangkring-jembrana-gunakan-e-voting

NEGARA, NusaBali
Pemilihan dengan e-voting kembali digunakan di Kabupaten Jembrana. Pemilihan dengan e-voting ini diterapkan untuk pemilihan kepala lingkungan (Pikaling) di tiga (3) lingkungan di Kelurahan Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo, Jembrana.

Di antaranya di Lingkungan Baler Bale Agung pada Jumat (7/5), Lingkungan Munduk Anyar pada Sabtu (8/5), dan Lingkungan Petapan Persidi yang akan dilaksanakan pada, Selasa (11/5) nanti. Camat Mendoyo, I Putu Nova Noviana, saat dikonfirmasi Minggu (9/5) mengatakan dalam pelaksanaan Pilkaling dari kecamatan maupun panitia diperbolehkan menggelar pemilihan dengan e-voting. Kebetulan, saat membentuk panitia Pilkaling di 3 lingkungan itu, ternyata anggaran yang tersedia sangat terbatas, sehingga diputuskan pemilihan dengan e-voting. “Kita pilih gunakan e-voting karena tidak perlu biaya banyak. Karena tidak perlu memakai surat suara,” ujarnya.

Dalam melaksanakan e-voting itu, dari kecamatan meminta bantuan perangkat dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jembrana. Aplikasi yang digunakan untuk e-voting itu, merupakan aplikasi yang telah disertifikasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). “Hasilnya akurat tidak bisa direkayasa. Saat e-voting di 2 lingkungan yang sudah berjalan, juga berjalan lancar. Semua calon juga puas,” ucap Nova.

Sebelum mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pelaksanaan e-voting tersebut, Nova mengatakan juga sudah dilaksanakan sosialisasi, dan masyarakat pemilih menyambut baik.

Pasalnya, selain tetap mengedepankan nilai-nilai demokrasi, pemilihan dengan e-voting ini jauh lebih memudahkan dibanding pemilihan konvensional. “Sebelumnya kita juga sudah melapor ke Pak Bupati, dan beliau sangat mendukung. Karena dengan e-voting ini, pemilihan dapat berjalan efektif dan efisien. Apalagi di masa pandemi sekarang ini,” ujar Nova Noviana.

Untuk diketahui, ada 4 calon yang bertarung dalam Pilkaling Baler Bale Agung, Jumat (7/5) lalu. Dari total 340 suara, pemilihan di Pilkaling Baler Agung dimenangkan oleh calon nomor 4, Ketut Gede Oka Sumardi dengan perolehan 117 suara. Sementara ketiga calon lainnya, Kade Dwi Palentina memperoleh 35 suara, Putu Eka Wiartama memperoleh 98 suara, dan I Kadek Sastrawan memperoleh 89 suara.

Sedangkan dalam Pilkaling Munduk Anyar yang digelar Sabtu (8/5), ada 3 calon yang bertarung. Dari total 305 suara, pemilihan di Pilkaling Munduk Anyar dimenangkan oleh calon nomor 3, I Gede Wiadnyana dengan perolehan 149 suara. Sementara dua calon lainnya, I Made Dana memperoleh 99 suara dan Putu Budiarta memperoleh 57 suara. *ode

Komentar