nusabali

Suiasa Siap Tarung di Pilkada Badung

Hari Ini PDIP Badung Rapat Penjaringan Calon di Pilkada

  • www.nusabali.com-suiasa-siap-tarung-di-pilkada-badung
  • www.nusabali.com-suiasa-siap-tarung-di-pilkada-badung

MANGUPURA, NusaBali - Jelang penjaringan bakal Cabup-Cawabup Badung di internal DPC PDIP Badung, sejumlah nama kader mulai disuarakan. Termasuk nama Wakil Bupati (Wabup) Badung, I Ketut Suiasa.

Suiasa mengaku siap tarung di Pilkada Badung 2024 jika diberikan rekomendasi oleh DPP PDIP.

Suiasa memiliki potensi untuk ikut bertarung di Pilkada Badung pada November 2024 mendatang mengingat perjalanan politik politisi PDIP asal Desa Pecatu, Kecematan Kuta Selatan ini sudah menjadi Wakil Bupati mendampingi Bupati I Nyoman Giri Prasta selama dua periode, hingga saat ini. Saat ditanya media terkait apakah maju dalam penjaringan Cabup-Cawabup di internal DPC PDIP Badung, Suiasa mengaku siap maju Pilkada jika diberikan rekomendasi oleh DPP PDIP. "Ya kalau direkomendasi untuk maju, saya sudah tegas bersikap dan siap loyal kepada partai. Tidak ada pantang menyerah buat saya. Bukan jiwa saya pribadi, tapi saya akan bela sekuat tenaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh partai," ujar Suiasa, Kamis (25/4).

Namun demikian, Suiasa menegaskan patuh dan tunduk kepada aturan partai, apapun nanti yang dimandatkan partai harus dilaksanakan. "Saya adalah kader yang tegak lurus kepada semua kebijakan partai. Apapun yang ditugaskan oleh partai kepada saya, harus dibuktikan dengan loyalitas, dedikasi yang telah diamanatkan partai," katanya. Apalagi untuk melaksanakan pelayanan masyarakat dalam pemerintahan di Kabupaten Badung, Suiasa meyakini bahwa DPP PDIP akan membuat keputusan yang terbaik. Jika dirinya ditunjuk, Suiasa pun menegaskan akan membuktikan diri bahwa partai tidak salah dalam memilih kader-kadernya.

"Karena partai akan membuat keputusan yang terbaik dan saya pun menerima apapun nanti keputusan partai, serta melaksanakan hal yang ditugaskan partai sebaik-baiknya untuk masyarakat dan partai," tegas Ketua Badan Saksi Pemilu Nasional PDIP Bali ini. DPC PDIP Badung akan segera membuka penjaringan bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) di Pilkada Badung 2024. Prosesnya akan diawali dengan menggelar rapat penjaringan bakal Cabup-Cawabup di Kantor DPC PDIP Badung, Jumat hari ini.

Sekretaris DPC PDIP Badung, Putu Parwata saat dimintai komentar di Gedung DPRD Badung, Kamis (25/4) mengatakan DPC PDIP Badung mengaku siap membuka pintu bagi kader maupun non kader yang ingin melamar maju di Pilkada Badung maupun Pilgub Bali 2024. "Besok (hari ini) kami akan rapat dan melakukan penjaringan nama-nama untuk Pilkada," ujarnya.

Politisi PDIP asal Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung ini menambahkan, saat ini banyak nama yang muncul dari aspirasi yang berkembang di masyarakat. Hal ini tidak menjadi masalah, baik aspirasi untuk mengusung kader-kader, maupun non kader. Menurutnya, ini hal wajar dalam demokrasi. "Tidak masalah banyak aspirasi yang berkembang, ada kader-kader, ada kader-nonkader. Semua kita hormati dan bisa ikut penjaringan," terangnya.

Parwata menyebut memang ada sejumlah nama yang berkembang di internal partai. Nama-nama itu di antaranya I Made Sudarsa, I Gusti Anom Gumanti, Gus Bota, termasuk dirinya dan sejumlah nama lainnya untuk tarung di Pilkada Badung 2024. "Kita di sini hanya melakukan penjaringan, nanti pusat yang memutuskan. Dan para kader saya rasa tunduk pada keputusan pusat," kata Parwata yang juga Ketua DPRD Badung ini.

Selain penjaringan untuk Pilkada Badung, DPC PDIP juga menampung aspirasi untuk Pilgub Bali. Sebab selain aspirasi Wayan Koster dua periode, di masyarakat juga berkembang aspirasi I Nyoman Giri Prasta untuk Bali. Nama-nama tersebut menurutnya bisa saja masuk dalam bursa penjaringan yang akan disetor ke pusat. DPC PDIP Badung, tegas Parwata akan menampung semua usulan nama yang ingin maju di Pilkada. Pasalnya, untuk keputusan sepenuhnya nanti adalah kewenangan DPP melalui Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. "Silahkan. Nanti nama-nama itu kita usulkan ke DPP melalui DPD PDIP Bali untuk diproses. Untuk keputusan siapa (jadi calon bupati-wakil bupati) nanti sepenuhnya hak prerogatif Ibu Ketua Umum," tegasnya.

Disinggung soal dirinya yang juga ikut digadang-gadang maju di Pilkada Badung, Parwata menyatakan siap asal ditugaskan oleh partai. Dirinya mengaku tidak meminta, namun siap ditugaskan dan ditempatkan di mana saja oleh partai. "Kalau saya, tidak minta, tapi siap kalau ditugaskan," pungkasnya. 7 ind

Komentar