nusabali

US SMP Terapkan Protokol Kesehatan

  • www.nusabali.com-us-smp-terapkan-protokol-kesehatan

AMLAPURA, NusaBali
SMPN 1 Amlapura menggelar ujian sekolah (US) yang diikuti 296 siswa kelas IX sejak Senin (26/4).

SMPN 1 Amlapura menerapkan US dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Siswa yang menjalani karantina tidak diizinkan ikut US. Sekolah siapkan ujian susulan. US digelar sebanyak dua shift untuk menghindari kerumunan siswa.

Kasek SMPN 1 Amlapura, I Komang Suweca mengatakan, ada satu siswa menjalani karantina. US digelar dengan mendatangkan siswa ke sekolah. US terbagi dua shift dengan menyiapkan 16 ruang kelas. Tiap ruang kelas dengan 15 siswa hingga 18 siswa. Shift pertama pukul 07.30 Wita-09.30 Wita dan shift kedua pukul 10.00 Wita hingga 11.30 Wita. Hari pertama US dengan mata pelajaran agama dan bahasa Indonesia. “Prosedur protokol kesehatan telah kami patuhi, secara teknis menggelar US dengan mendatangkan 296 siswa tidak ada kendala,” ungkap Komang Suweca.

Komang Suweca mengungkapkan, sebelumnya telah melakukan persiapan dengan membersihkan seluruh ruangan dengan menyemprotkan disinfektan. Bangku dan meja belajar diatur jaraknya. Siswa wajib mengikuti prokes. SMPN 1 Amlapura telah lolos verifikasi dari GTPP Covid-19 Kelurahan Karangasem, Kecamatan Karangasem, dan Kabupaten Karangasem, sehingga dinilai layak menggelar US dengan mendatangkan siswa. SMPN 1 Amlapura di Lingkungan Susuan merupakan zona kuning.

Lurah Karangasem yang juga Ketua GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Kelurahan Karangasem I Wayan Gusita memantau US di SMPN 1 Amlapura. Lurah Karangasem mengimbau siswa selalu jaga jarak, menggunakan face shield, sebelum masuk ruang kelas wajib cuci tangan. Sementara Wakasek Sarana Prasarana dan Humas SMPN 2 Abang, Ida Ayu Wayan Ebayanti, mengungkapkan US daring diikuti 275 siswa. “Hanya 9 siswa kelas IX yang ikut US datang ke sekolah karena tempat tinggalnya tidak terjangkau akses internet,” jelas Ida Ayu Wayan Ebayanti.

Kasek SMPN 2 Rendang Ketut Suparjana mengatakan, US dilaksanakan di sekolah dengan mendatangkan 208 siswa kelas IX. Sekolah menyiapkan 14 ruang kelas untuk UUS. "Kami gelar US, satu shift, kebetulan ruangan mencukupi, tiap ruangan diisi 16 siswa,” kata Ketut Suparjana. Di Karangasem ada 51 SMP dan sederajat. Lima sekolah menggelar US secara daring. Kelima sekolah itu yakni SMPN 2 Amlapura, SMPN 4 Amlapura, SMPN 5 Amlapura, SMP Muhammadiyah Amlapura, dan MTS Negeri Amlapura. *k16

Komentar