nusabali

Mahagotra Catur Sanak Bali Mula Bali Aga Gianyar Rekatkan Pasemetonan

  • www.nusabali.com-mahagotra-catur-sanak-bali-mula-bali-aga-gianyar-rekatkan-pasemetonan

GIANYAR, NusaBali
Kepengurusan Mahagotra Catur Sanak Bali Mula (MCSBM) Kecamatan Sukawati dan Kecamatan Tampaksiring-Blahbatuh, Gianyar, dikukuhkan pada Buda Wage Wariga, Rabu (17/3) malam di Pura Batur Kayu Selem, Desa Celuk, Kecamatan Sukawati.

Kepengurusan masa bakti 2021-2026 ini diharapkan dapat merekatkan solidaritas pasemetonan Mahagotra Catur Sanak Bali Mula Bali Aga terdiri dari Kayu Selem, Celagi, Kayuan Trunyan, Bali Mula Bali Aga.  

Ketua MCS Bali Mula Kecamatan Sukawati dijabat mantan Perbekel Batuan I Nyoman Netra. Ketua MCS Bali Mula Kecamatan Tampaksiring-Blahbatuh dijabat I Ketut Sumantri. Pengukuhan merupakan tindak lanjut hasil Mahasabha MCSBM III dan Lokasabha MCSBM II. "Untuk meneruskan program MCSBM Kabupaten Gianyar  khususnya dalam pasikian pasemetonan," jelas Ketua MCS Bali Mula Kecamatan Sukawati Nyoman Netra, usai pengukuhan.

Turut hadir saat pengukuhan, pengurus kabupaten, sabha walaka, pengurus kecamatan, jaga baya, para kelian dadia, para panglingsir serta undangan aparat Desa Celuk.

Mengawali pembentukan kepengurusan, dilakukan pendataan jumlah Dadia per kecamatan. Di Kecamatan Sukawati baru sebagian kecil terdaftar yakni 18 Dadia dan 400 KK pasemetonan. Sedangkan di Kecamatan Tampaksiring- Blahbatuh baru berhasil terdaftar 9 Dadia dan 200 KK pasemetonan. "Karena masih perlu  pemahaman dalam masemeton, sehingga masih banyak yang belum terdaftar," jelas pria asal Banjar Jeleka, Desa Batuan ini.

Dikatakan, pengukuhan ini adalah wujud subhakti tindih ring Bhisama Bathara Kawitan. "Eling ring sameton". Nyoman Netra memastikan, pembentukan kepengurusan tidak ada muatan lain. "Tidak ada muatan politik maupun kepentingan lain. Selama ini apa yang sudah berjalan di masing-masing dadia tanpa ada yang diubah sedikitpun tentang keyakinan skala-niskala," tegasnya.

Ketua MCSBM Kabupaten Gianyar Jro Kubayan berharap pengukuhan ini dapat mempererat solidaritas pasemetonan. "Semoga dapat menumbuh kembangkan pasemetonan sebagai ciri nincapang srada bakti ring ida Bhatara kawitan," ujarnya.

Saat ini Kepengurusan MCSBM sudah terbentuk di 4 kecamatan yakni Gianyar, Sukawati, Tampaksiring-Blahbatuh. "Tiga kecamatan lagi yang Ubud, Tegallalang dan Payangan kepengurusannya akan segera dikukuhkan," jelasnya.

Karena masih suasana pandemi Covid-19, acara pengukuhan menerapkan protokol kesehatan ketat. Untuk diketahui, Pasemetonan Mahagotra Catur Sanak Bali Mula (MCSBM) memiliki satu Bathara Kawitan yakni Ida Bhatara Mpu Kamareka yang merupakan Bujangga Sakti Luwih Bali. Sebagai asal muasalnya yang mempunyai empat putra yaitu Kayu Selem, Celagi, Kayuan, dan Trunyan. Sehingga disebut Catur Sanak Bali Mula, yang semuanya merupakan bagian dari Bali Mula.*nvi

Komentar