nusabali

Program Kemitraan Masyarakat Universitas Warmadewa Optimalisasi Perajin Perak di Batubulan

  • www.nusabali.com-program-kemitraan-masyarakat-universitas-warmadewa-optimalisasi-perajin-perak-di-batubulan
  • www.nusabali.com-program-kemitraan-masyarakat-universitas-warmadewa-optimalisasi-perajin-perak-di-batubulan
  • www.nusabali.com-program-kemitraan-masyarakat-universitas-warmadewa-optimalisasi-perajin-perak-di-batubulan

GIANYAR, NusaBali.com - LPM Universitas Warmadewa melalui kelompok dosen dan mahasiswa melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat dengan salah satu kelompok perajin perak di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

Desa Batubulan merupakan sebuah desa yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali, telah menjadi pusat kegiatan seni dan kerajinan perak yang kaya akan sejarah dan tradisi. 

Selama bertahun-tahun, desa ini telah menjadi rumah bagi para perajin perak berbakat yang mempertahankan seni tradisional Bali sambil menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. 

Kegiatan usaha para perajin perak di Desa Batubulan tidak luput dari pesatnya perkembangan zaman serta teknologi, sehingga diperlukan terobosan menghadapi berbagai tantangan dan dinamika industri global.

Berdasarkan kondisi tersebut, Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Warmadewa melalui kelompok dosen yang beranggotakan I Made Aditya Pramartha SE MSi Ak, I Putu Gde Chandra Artha Aryasa SE SH MAk BKP, dan Anak Agung Istri Krisna Gangga Dewi SKom MKom, bermitra dengan salah satu kelompok perajin perak di Desa Batubulan dalam program kemitraan masyarakat dengan upaya optimalisasi pembukuan dan pemasaran berbasis digital kelompok industri kecil menengah perajin perak di Desa Batubulan. 

Kelompok perajin perak ini diketuai oleh I Wayan Astrawan yang bernaung di Makmur Jaya Casting. 

Foto: I Made Aditya Pramartha, S.E.,M.Si.,Ak.(Dosen Universitas Warmadewa selaku Ketua Kelompok PKM) bersama dengan I Wayan Astrawan (Ketua Kelompok Pengrajin Perak Makmur Jaya Casting Desa Batubulan). -IST

Informasi yang disampaikan oleh salah satu dosen Universitas Warmadewa, I Made Aditya Pramartha, menyebutkan bahwa program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan teknologi yang dimiliki mitra sehingga dapat mengoptimalkan proses pembukuan dan pemasaran dengan berbasis digital. 

Program kemitraan masyarakat terdiri dari dua kegiatan utama yakni optimalisasi proses pembukuan berbasis digital dan optimalisasi pemasaran berbasis digital. Adapun skema kegiatan yang digunakan yakni sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. 

Program diawali dengan penyerahaan bantuan berupa dukungan teknologi dasar guna mendukung proses implementasi teknologi digital, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. 

Program kemitraan masyarakat ini dilakukan secara periodik selama tiga bulan dimulai pada bulan Mei hingga Juli tahun 2023. 

I Wayan Astrawan selaku ketua kelompok perajin perak Makmur Jaya Casting mengungkapkan rasa senang dan terima kasih atas bantuan melalui program kemitraan masyarakat dari Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Warmadewa. 

Foto: Kegiatan sosialisasi dan pelatihan proses pembukuan dan pemasaran berbasis digital oleh kelompok dosen Universitas Warmadewa bersama kelompok pengrajin perak Makmur Jaya Casting di Desa Batubulan. -IST

I Wayan Astrawan mengatakan, tujuan dibentuknya kelompok perajin perak ini untuk mewadahi masyarakat yang mau belajar, bertukar informasi, saling membantu proses produksi dan menyediakan bahan baku, serta berkembang bersama menuju kesuksesan. 

I Wayan Astrawan mengaku selama ini memang proses operasional khususnya pembukuan dan catatan pesanan masih dilakukan secara manual dan kesulitan dalam melakukan pengelolaan keuangan. 

Berkaitan dengan pemasaran, produk hasil kerajinan perak pemasarannya masih terbatas, yakni pemilik art shop di sekitar Kecamatan Sukawati Gianyar.

Terkait optimalisasi pembukuan berbasis digital, I Putu Gde Chandra Artha Aryasa  menerangkan bahwa kegiatan diawali dengan sosialisasi terkait dasar-dasar proses pembukuan kepada kelompok pengrajin perak. 

Selanjutnya dilakukan pelatihan pembuatan buku kas umum dan laporan laba rugi menggunakan aplikasi Microsoft Excel. 

Foto: Kegiatan sosialisasi dan pelatihan proses pembukuan dan pemasaran berbasis digital oleh kelompok dosen Universitas Warmadewa bersama kelompok pengrajin perak Makmur Jaya Casting di Desa Batubulan. -IST

Kegiatan optimalisasi pembukuan berbasis digital diharapkan dapat membantu mitra dalam mengelola keuangan usaha agar diperoleh informasi keuangan yang akurat dan akuntabel.

Berkaitan dengan optimalisasi pemasaran berbasis digital, Anak Agung Istri Krisna Gangga Dewi  menerangkan bahwa kegiatan dimulai dengan sosialisasi tentang proses dan media pemasaran digital kepada kelompok pengrajin perak. 

Selanjutnya dilakukan pelatihan dalam pembuatan dan pengelolaan akun sosial media dan akun marketplace. Kegiatan optimalisasi pemasaran berbasis digital diharapkan dapat membantu mitra dalam mengoptimalkan proses pemasaran produk hasil kerajinan perak agar dapat dikenal oleh pangsa pasar yang lebih luas dan meningkatkan jumlah penjualan produk.

I Made Aditya Pramartha menerangkan bahwa program kemitraan masyarakat merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat sekaligus merupakan dukungan dari Universitas Warmadewa terhadap kegiatan usaha yang digeluti oleh masyarakat. 

Melalui program kemitraan masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Warmadewa, diharapkan dapat memberikan dukungan dan motivasi tambahan bagi kelompok perajin perak Makmur Jaya Casting agar dapat melaksanakan pengelolaan usaha yang lebih baik, meningkatkan jumlah pendapatan anggota, serta terus berinovasi dan berkontribusi positif bagi perkembangan kerajinan perak di Bali.

Komentar