nusabali

Banyupinaruh, Masyarakat Lebur Mala di Pantai

  • www.nusabali.com-banyupinaruh-masyarakat-lebur-mala-di-pantai
  • www.nusabali.com-banyupinaruh-masyarakat-lebur-mala-di-pantai

GIANYAR, NusaBali - Ribuan masyarakat tumpah ruah melebur mala di sepanjang pantai di Kabupaten Gianyar saat Banyupinaruh, Redite Pahing Sinta, Minggu (21/5). Di Pantai Purnama, Kecamatan Sukawati masyarakat menghaturkan canangsari terlebih dahulu sebelum membersihkan diri di pantai. Meskipun deburan ombak pantai cukup besar, masyarakat tetap mandi di pinggir pantai.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN Dibya Presasta mengatakan, pada hari Banyupinaruh melakukan patroli pengawasan perairan laut di Kabupaten Gianyar dengan melibatkan Balawista, TNI, dan Polri. “Kegiatan dimulai dengan APP dengan titik kumpul di Pantai Cucukan kemudian menyebar ke semua pos jaga,” ujar Dibya. Ada pun pos yang dimaksud tersebar di sepanjang 15 kilometer pantai di Gianyar yakni Pos 1 Pantai Siyut dan Lebih, Pos 2 Pantai Cucukan dan Masceti, Pos 3 Pantai Saba dan Pering, dan Pos 4 Pantai Purnama-Lembeng. 

Patroli laut menurunkan 1 unit rubberboat dan 2 sekoci. “Semua pos melaporkan bahwa kunjungan ke pantai meningkat, kondisi arus landai, ombak tidak tinggi, dan nihil kejadian kedaruratan,” ungkapnya. Begitu juga dengan patroli laut, tidak ada kejadian menonjol. Petugas tetap mengimbau masyarakat untuk waspada dan tidak melakukan aktifitas terlalu menjorok ke dalam. “Kami masih standby sampai pengunjung benar-benar sepi di semua pos jaga,” jelas Dibya. 

Foto: Suasana pantai di Kecamatan Nusa Penida. -IST

Sementara Polres Klungkung dan Polsek jajaran siagakan anggotanya untuk memantau pelaksanaan Banyupinaruh di sejumlah pantai kawasan Kabupaten Klungkung. Petugas siaga di tepi pantai untuk memastikan keamanan dan kelancaraan pelaksanaan Banyupinaruh. Ratusan warga ke pantai untuk malukat (pembersihan diri secara sekala), ada juga yang khusus jalan-jalan.

Di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, warga berdatangan ke Pantai Telaga Desa Kutampi Kaler, Pantai Segara Desa Jungutbatu, dan Pantai Tanjung Sanghyang Desa Lembongan. Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Suyasa mengatakan, kegiatan pengamanan merupakan kegiatan rutin. “Personel kami tingkatkan dalam pengamanan karena bertepatan dengan Hari Banyupinaruh, banyak masyarakat melakukan prosesi panglukatan di pantai,” ujar Kompol Sumerta.

Di Klungkung daratan, pantai yang diserbu pengunjung di antaranya Pantai Tegal Besar Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan sampai pesisir Pantai Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan. Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika mengatakan, personel Polres Klungkung tersebar di sejumlah pantai dan persimpangan jalan menuju pantai. “Kami ingin menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat melakukan panglukatan di pantai,” ujar Kompol Suastika. 7 nvi, wan

Komentar