nusabali

Empat Calon Kaling Bersaing dengan Kotak Kosong

  • www.nusabali.com-empat-calon-kaling-bersaing-dengan-kotak-kosong

Kotak kosong disiapkan untuk menampung aspirasi warga yang tidak puas dengan calon.

BANGLI, NusaBali
Warga Lingkungan Pande, Kelurahan Cempaga, Kecamatan/Kabupaten Bangli menggelar pemilihan kepala lingkungan (kaling), Selasa (15/12). Ada empat calon yang bersaing untuk menjadi kepala lingkungan periode 2021-2027. Menariknya, empat calon juga bersaing dengan kotak kosong.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Lingkungan Pande, Anak Agung Panji Awatarayana, mengatakan proses pemilihan kepala lingkungan diawali dengan pembentukan panitia penjaringan. Selanjutnya melakukan penjaringan dan menetapkan empat calon. Keempat calon itu yakni I Dewa Gde Baktiyasa, I Kadek Sutarsana, I Kadek Wartawan, dan I Nyoman Sutapa. Sementara kotak kosong sebagai bentuk menampung aspirasi masyarakat dan sudah mendapat persetujuan dari para calon lewat surat pernyataan. “Jika warga tidak puas dengan calon yang ada, telah disiapkan kotak kosong,” ungkap Anak Agung Panji.  

Pemegang hak suara adalah krama pengayah, sekaa gong, dan angkepan. “Pemilihan yang kami laksanakan hari ini tetap mengacu protokol kesehatan Covid-19,” jelasnya. Anak Agung Panji yang juga Sekretaris DPRD Bangli ini menjelaskan, untuk menghindari kerumunan dalam pemilihan maka waktu pemilihan diatur. Krama pengayah pukul 09.00 Wita, seka gong pukul 11.00 Wita, dan krama angkepan pukul 14.00 Wita. “Krama yang hadir untuk memilih wajib menggunakan masker,” tegas Anak Agung Panji.

Pemilihan kaling yang berlangsung demokratis itu dimenangkan oleh I Kadek Wartawan dengan raihan 103 suara. Disusul I Kadek Sutarsana dengan 93 suara, I Dewa Gede Baktiyasa 84 suara, dan I Nyoman Sutapa 38 suara. “Total pemilih 361, kotak kosong 42 suara, dan 1 suara tidak sah,” bebernya. Sementara Kelian Adat Banjar Pande, I Wayan Nyepek, menyebutkan proses pemilihan kaling berjalan jujur dan adil. “Bagi yang terpilih kami harap tidak jemawa, begitu pula bagi yang tidak terplih jangan kecewa,” pintanya. Wayan Nyepek berharap ke depannya yang terpilih dapat melaksanakan tugas dengan baik dan hindari diskriminasi. *esa

Komentar