nusabali

Aparat Gabungan Sidak Masker di Jembatan Tukad Bangkung

  • www.nusabali.com-aparat-gabungan-sidak-masker-di-jembatan-tukad-bangkung

MANGUPURA, NusaBali
Aparat gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI/Polri, melakukan inspeksi mendadak (sidak) pemakaian masker di kawasan Jembatan Tukad Bangkung, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kamis (17/9), bertepatan dengan Umanis Galungan.

Dalam sidak tersebut masih ditemukan warga yang belum menaati aturan pemerintah, yakni tidak memakai masker. Camat Petang I Wayan Darma, mengatakan sidak penggunaan masker berlangsung dari pukul 09.00 hingga sekitar 11.00 Wita. Sesuai instruksi Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, penertiban yang dilakukan lebih kepada pemberian edukasi daripada sanksi.

“Sidak kali ini sifatnya pembinaan saja, artinya mengedukasi masyarakat pentingnya melaksanakan protokol kesehatan (prokes). Salah satunya dengan menggunakan masker,” kata Wayan Darma.

Dia mengaku, memang masih ada ditemukan minimnya kesadaran masyarakat. “Walaupun sudah mengetahui pentingnya menggunakan masker saat bepergian, tetap saja tidak pakai. Total kami menemukan 14 orang yang tadi tidak menggunakan masker,” ungkap Wayan Darma.

“Di samping itu ada pengendara lima kendaraan roda empat yang juga kami berikan pembinaan, karena yang di dalam kendaraan ada yang tidak menggunakan masker. Sebetulnya mereka bawa masker, tapi tidak dipakai,” imbuh Wayan Darma.

Sekalipun penerapan sanksi juga diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Badung Nomor 52 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru, yakni tidak menggunakan masker dapat didenda Rp 100 ribu, namun pada penertiban kali ini lebih mengedepankan pemberian edukasi kepada masyarakat.

“Kami mengikuti arahan dari Bapak Bupati, lebih mengedepan pembinaan dan edukasi kepada masyarakat daripada menjatuhkan sanksi,” tegas Wayan Darma.

Sementara, Kasatpol PP Badung IGAK Suryanegara, membenarkan adanya sidak penggunaan masker di kawasan Jembatan Tukad Bangkung, Desa Pelaga, Kecamatan Petang. “Sidak penggunaan masker di kawasan Jembatan Tukad Bangkung dipimpin langsung Pak Camat,” katanya.

Menurut birokrat asal Kota Denpasar itu sidak penggunaan masker tidak saja dilakukan di kawasan Jembatan Tukad Bangkung, melainkan juga di semua kecamatan. “Kita sidak di semua kecamatan, namun personel gabungan gelar sidak di Kecamatan Petang. Jadi walaupun dalam suasana hari raya, kami tetap melaksanakan tugas di lapangan,” tegas mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung, itu. *asa

loading...

Komentar