nusabali

Paskibraka Bangli Digembleng soal Politik dan Anti Korupsi

  • www.nusabali.com-paskibraka-bangli-digembleng-soal-politik-dan-anti-korupsi

Sebanyak 80 orang personel Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bangli, secara resmi digodok secara fisik dan mental.

BANGLI, NusaBali
Hal itu ditandai pemasangan topi pelatihan Paskibraka oleh Asisten III Pemkab Bangli I Wayan Warta Megantara, Rabu (3/8). Sebanyak 80 personel Paskibraka ini terdiri dari 40 orang hasil seleksi tahun 2016, sedang 40 lainnya berasal dari Paskibraka 2015.

Ketua Panitia Paskibra 2016 Cokorda Bagus Gaya Dirga, menyatakan 40 personel Paskibraka 2016, merupakan hasil seleksi terhadap 135 calon yang berasal dari SMA/SMK se-Bangli. “Persiapan dilaksanakan melalui rapat koordinasi dengan pihak terkait dan seleksi ke SMA/SMK se-Bangli,” jelas Cok Bagus Dirga yang juga Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bangli.

Tak hanya mendapat gemblengan fisik, khususnya keterampilan baris-berbaris dengan berbagai formasinya, namun personel Paskibraka juga mendapat gemblengan politik dan soal anti korupsi. ”Ini (pelajaran politik dan anti korupsi) bagian penggemblengan atau pembekalan di kelas,” papar Cok Bagus Dirga.

Untuk ilmu politik di antaranya menyangkut pemilu, rencananya akan diberikan oleh anggota dewan. Sedang untuk pemahaman anti korupsi akan diberikan pihak Kejari Bangli. “Juga pengetahuan soal bela negara, anti narkoba,” tambah Cok Bagus Dirga. Masing-masing dari Kodim 1626 Bangli dan Polres Bangli.  

Asisten III Warta Megantara, menegaskan agar anggota Paskibraka mengikuti latihan dengan penuh disiplin, mencermati, mematuhi instruksi pelatih dan instruktur dengan baik. “Sehingga semua bentuk pembelajaran bisa diserap dengan baik,” tegas Warta Megantara. Karena tak semua anak beruntung terpilih jadi anggota Paskibraka. Dari pantauan, para personel Paskibraka menyatakan kesiapannya untuk patuh dan tunduk pada pelatih.

Sang Ayu Riani Jayanti, salah seorang personel Paskibraka, menyatakan memang sudah siap berlatih. “Itu tadi pembukaanya,” jelas Riani. Dikatakan, pelatihan fisik nanti akan dilakukan di Lapangan Umum Kubu, Kelurahan Kubu, Bangli. “Ya siap latihan,” ucapnya ditemui usai bubaran pembukaan pelatihan Paskibraka di Gedung Bakti Mukti Bukti (BMB) Kantor Bupati Bangli. * k17

Komentar