nusabali

Gubernur Koster Siapkan Bonus dan Penyambutan untuk Bali United

Sukses Bali United Jadi Momentum Menuju Sport Tourism

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-siapkan-bonus-dan-penyambutan-untuk-bali-united

Gubernur Bali Wayan Koster apresiasi sukses Bali United menjuarai kompetisi sepakbola Liga 1 2019.

DENPASAR, NusaBali

Gubernur pun siapkan bonus dan sekaligus penyambutan bagi sang jawara, yang direncanakan 23 Desember 2019 mendatang. Rencana ini disampaikan Gubernur Koster saat menerima kunjungan dua bersaudara owner Bali United, Pieter Tanuri dan Yabes Tanuri, di Rumah Jabatan Gubernur Komplek Jaya Sabha, Jalan Surapati 1 Denpasar, Minggu (8/12). Saat itu, Gubernur Koster begitu sumringah menyambut kedatangan manajemen Bali United tersebut.

"Bali United sudah meraih prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Bali. Tentu ini harus diapresiasi dan didukung, termasuk dari segi fasilitas, agar ke depan prestasinya lebih meningkat," jelas Koster yang juga hobi nonton sepakbola.

Sebagai bentuk apresiasi, Koster bahkan siapkan bonus bagi Bali United, setelah tim berjuluk Serdadu Tridatu ini nanti diumumkan secara resmi sebagai juara Liga 1 2019. "Sebagai penghormatan, Pemerintah Provinsi Bali mewakili masyarakat Bali akan siapkan bonus bagi Bali United, karena sudah membawa nama baik Bali. Nominal bonus masih kami hitung, tapi pasti dapat," tandas Koster yang kemarin didampingi Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace).

Koster mendukung kemajuan sepakbola Bali dengan menyiapkan fasilitas yang memadai. Ini sekaligus untuk menunjang sektor pariwisata Bali dengan mengedepankan sport tourism, yang bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bali, bahkan devisa negara.

"Bali sudah memiliki citra sebagai destinasi wisata dunia. Ini sangat menguntungkan jika kita juga memiliki fasilitas pelaksanaan berbagai event olahraga berkelas nasional dan internasional yang memadai termasuk sepakbola, sebagai lokasi sport tourim," tegas Koster.

"Rencana ini (sport tourism) memang membutuhkan dana yang besar, tapi kita sedang mengarah ke sana. Nanti kita rancang lebih detail, kita kaji lokasi dan anggarannya. Ini juga bisa menjadi solusi pemerataan pembanggunan yang selama ini sangat timpang," lanjut Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang juga Ketua DPD PDIP Bali ini.

Sementara, Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri, mengatakan keberhasilan yang diraih tim asuhan pelatih Stefano ‘Teco’ Cugurra telah mengangkat nama Bali. Bahkan, home base Bali United yakni Stadion Kapten Wayan Dipta di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar diplot sebagai salah satu dari 10 stadion di Indonesia yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20, Mei 2021 mendatang. Yabes Tanuri berharap dapat dukungan dari pemerintah untuk menyiapkan fasilitas dan infrastruktur yang memadai.

Bali United sendiri sudah lebih awal memastikan gelar juara Liga 1 2019 saat mengalahkan tuan rumah Semen Padang 2-0 dalam match day ke-30 di Stadion Haji Agus Salim Padang, Sumatra Barat, Senin (2/12) lalu. Kemenangan yang diraih berkat dua gol borongan striker Ilja Spasojevic menit ke-51 dan 85 itu praktis mengunci gelar juara dengan 63 poin hasil 19 kali menang, 6 kali seri, dan 5 kali kalah.

Jadi, apa pun hasil sisa 4 pertandingan berikutnya, perolehan poin Bali United tidak akan terkejar lagi, karena saat itu mereka Bali United unggul 17 poin dari Borneo FC. Sisa 4 pertandingan Bali United adalah hadapi Persipura Jayapura (home/8 Desember 2019), TIRA-Persikabo (home/12 Desember 2019), Arema Malang (away/16 Desember 2019), dan Madura United (home/22 Desember 2019). *

Komentar