nusabali

Kadek Wahyu Jumpa Musuh Bebuyutan

  • www.nusabali.com-kadek-wahyu-jumpa-musuh-bebuyutan

JAKARTA, NusaBali - Pesilat I Kadek Wahyu Rihartana Giri akan bertemu ‘musuh bebuyutannya’ di kelas G, yakni pesilat Jawa Barat (Jabar) Igi Rangga. Ya, pesilat tim PON Jabar itu akan menjalani latih tanding dengan pesilat PON Bali pada 11-14 Juni 2024. Kadek Wahyu pun siap menghadi Igi Rangga sesuai intruksi pelatih.

"Pesilat Pelatda PON Jabar akan datang ke Bali pada Juni mendatang untuk latih tanding, termasuk "musuh bebuyutan" saya Igi Rangga," ucap Kadek Wahyu, Jumat (10/5). 

Kadek Wahyu sendiri sering bertemu Igi di sejumlah pertandingan. Saat PON 2021 Papua, mereka juga saling berhadapan di final. Saat itu, Kadek Wahyu pun sukses meraih medali emas PON dan Igi meraih perak. 

Kelak jika latih tanding di Bali, kata Kadek Wahyu, dirinya akan menjalani latih tanding seperti biasa. Namun, semua nanti tergantung dari strategi dari pelatihnya. Pasalnya PON kian dekat, sehingga harus menjaga kondisi tubuh dengan baik agar tidak cedera. Sebelumnya, tim silat Malaysia juga menjalani latih tanding di Bali pada April 2024 selama satu minggu lebih. 

"Pada 22-23 Paril lalu, kami tanding dengan pesilat Malaysia," terang Kadek Wahyu. Ada sekitar 20 pesilat Malaysia ke Pulau Dewata. Sedangkan tim silat Bali yang lolos PON 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) ada 15 orang. Masing-masing pesilat di kelas laga pun mendapatkan satu pesilat untuk latih tanding. 

Kadek Wahtu sendiri akan berhadapan dengan M. Afik. Menurutnya, M. Afik adalah pesilat baru. Karena itu, ketika latih tanding dengannya, Kadek Wahyu lebih unggul. Baginya, latihan tanding dengan pesilat Malaysia cukup untuk mengasah kemampuannya. "Lumayan untuk pemanasan sebelum PON," kata Kadek Wahyu.

Saat ini cabor silat masih berlatih secara sentralisasi di GOR Lila Bhuana, Denpasar,  karena Pelatda PON baru digelar Juli nanti. Latihan secara sentralisasi dilakukan setiap Senin, Rabu, Kamis dan Sabtu sore pukul 16.00-18.00 WITA. Diluar jadwal itu, Kadek Wahyu tetap menjalani latihan mandiri di kediamannya setiap pagi dan sore. k22

Komentar