nusabali

Empat Orang Wakili Bali di GBN

  • www.nusabali.com-empat-orang-wakili-bali-di-gbn

Empat orang terpilih mewakili Bali di paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) yang akan tampil di Istana Merdeka saat peringatan Detik-detik Proklamasi pada 17 Agustus mendatang.

JAKARTA, NusaBali
Mereka adalah mahasiswa semester akhir jurusan psikologi Universitas Udayana Paul Kevin Manalu,  lulusan SMAN 7 Denpasar Ni Made Diah Pujawati, pelajar kelas 3 SMAN 4 Denpasar Komang Saraswati Devi dan  pelajar kelas 2 SMAN 1 Denpasar A.A. Ngurah Adhipa Prasada.
 
"Perwakilan Bali untuk GBN 2016 ini sudah terpilih pada April kemarin," ujar personil GBN tahun 2015 I Made Budiantara Putra kepada NusaBali Selasa (21/6). Hal sama diungkapkan oleh salah satu personil GBN 2016 Kevin. Menurut Kevin, mereka lolos setelah mengikuti seleksi pada 19 April kemarin di RRI Denpasar. Semuanya ada 50 orang peserta.
 
Dari 50 orang tersebut empat orang yang nantinya bergabung dengan empat personil dari seluruh daerah di Indonesia pada 1-19 Agustus di Wisma Kenasih, Depok, Jawa Barat. Ketika seleksi, lanjut Kevin, ada sejumlah tes yang mereka ikuti yakni tes ambitus suara, baca not angka, pengetahuan umum tentang Bali dan menyanyikan salah satu lagu nasional yang telah ditentukan seperti  Syukur, Hari Merdeka, Rayuan Pulau Kelapa. Kemudian Sepasang Mata Bola dan medley nusantara. "Kalau saya menyanyikan Syukur," katanya kepada NusaBali melalui pesan elektroniknya.
 
Seleksi dilakukan oleh Kesra Pemrov Bali. Sebagai salah satu yang lolos, Kevin merasa bahagia. Terlebih teman-temannya di paduan suara Voice of Bali (VOB) sudah pernah bergabung dengan GBN sebelumnya sehingga ia bisa bertanya lebih dalam lagi untuk persiapan karantina di Wisma Kenasih nanti. "Sebenarnya saya pernah ikut seleksi tahun 2013 kemarin, tetapi tidak lolos. Saya kemudian mencoba kedua kali di tahun ini. Puji Tuhan saya bisa lolos," ucap Kevin.
 
Bersama paduan suara VOB, Kevin kerap meraih sejumlah juara. Antara lain juara satu lomba paduan suara Pesparawi dalam rangka Natal tingkat kota Denpasar tahun 2014. Lalu meraih medali emas kategori pop and jazz dan medali perak kategori folklore di Bali Internasional Choir Competition 2013. Setelah terpilih Kevin dan tiga personil GBN lainnya segera mempersiapkan diri. Soal pembagian suara, mereka tak masalah lantaran telah ditentukan ketika tes berlangsung.
 
Kevin berada dibagian suara bass, Diah Pujawati di suara sopran, Sarawati suara alto dan Adhipa suara tenor. Mendapat bagian suara bass, Kevin mengaku, tak masalah. "Karena di kelompok paduan suara saya memang suara bass," imbuhnya. "Saat ini kami mempersiapkan diri sebaik-baiknya melatih suara dan mempersiapkan perlengkapan agar bisa tampil maximal di GBN guna mengharumkan nama Bali," ucapnya. k22

Komentar