nusabali

Murid SMP Satu Atap Peringkat 4 OSN

  • www.nusabali.com-murid-smp-satu-atap-peringkat-4-osn

I Komang Ego, murid SMP Negeri Satu Atap Tianyar Tengah menduduki peringkat 4 Olimpiade Sains Nasional 2016 di Palembang. Ego ambil bagian di mata pelajaran IPS.

AMLAPURA, NusaBali
Murid SMP Negeri Satu Atap Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, I Komang Ego, berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional. Dia menduduki peringkat keempat Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk mata pelajaran IPS. OSN 2016 dilangsungkan di Palembang 2016 pada 16-21 Mei. Ego merupakan satu-satunya peserta dari SMP Satu Atap di Indonesia.

Kepala SMN Satu Atap Tianyar Tengah I Made Rangkep, menyambut dengan sukacita prestasi itu. Apalagi datangnya dari SMP Satu Atap, dengan fasilitas sangat terbatas tetapi mampu berprestasi di ajang nasional, bahkan menduduki peringkat empat.

Menurut Rangkep, prestasi itu merupakan lompatan besar dibandingkan tahun lalu yang juga ambil bagian di OSN Tingkat Nasional mata pelajaran IPS. Tahun lalu, rankingnya sangat jauh di bawah.

“Itu yang sangat membanggakan kami, sekaligus memotivasi siswa lain agar mengikuti jejak I Komang Ego, mencatat prestasi di tingkat nasional,” ujar Rangkep ditemui setibanya dari Pelembang, di Amlapura, Selasa (24/5).

Rangkep menuturkan, selama ini murid SMP Satu Atap dipandang sebelah mata. “Kenyataannya, kami mampu membalikkan anggapan itu, dengan mencatat prestasi, dan mampu mengungguli sekolah favorit lainnya,” tambahnya.

Berangkat ke Palembang, I Komang Ego yang masih duduk di kelas VIII, bersama rekannya Haykal Brilian Dito, kelas VIII/e SMP Negeri 2 Kubu,

I Wayan Nugraha Satya Ananda dari SMPN 1 Singaraja, dan Ni Putu Gita Mahayuni dari SMPN 3 Kediri, Tabanan.

Karangasem juga meloloskan siswa SD di OSN Palembang untuk mata pelajaran Matematika, atas nama I Gede Sadhu Surya Guna dari SD Negeri 1 Karangasem. Prestasinya bertengger di ranking 30 nasional. Sedangkan rekannya Michael Alexander Teja dari SD Negeri 3 Banjar Jawa, Buleleng, di peringkat 24.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Karangasem I Gusti Bagus Budiadnyana belum bisa dikonfirmasi atas peroleh OSN tersebut. Ponselnya terdengar nada sambung, namun tidak ada respons.

Di bagan lain Kepala SD Negeri 1 Karangasem I Wayan Tirtayasa mengatakan prestasi I Gede Sadhu Surya Guna, meraih medali perak dan piagam. “Saya dapat informasi seperti itu, lebih lanjut belum jelas, apakah gelar juara berdasarkan passing grade. Nantilah saya tanyakan ke Disdikpora,” katanya.

Paling tidak, lanjut Tirtayasa, peluang I Gede Sadhu Surya Guna meraih prestasi masih terbuka lebar di tahun-tahun mendatang, karena yang bersangkutan masih kelas IV. Masih ada kesempatan dua tahun lagi, memperbaiki prestasi di tingkat nasional. 7 k16

Komentar